Kenapa ada benjolan di buah zakar?

AR Info Penanya: AR, Pria, 29 Tahun
Kenapa ada bola kecil seperti kelereng di antara biji zakar saya dok?saya baru menyadari nya...umur saya 29 tahun..selama ini blm merasa kan kesakitan...apa kah berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Adanya benjolan pada buah zakar adalah gejala yang bisa timbul akibat beberapa penyebab baik adanya gangguan di permukaan kulit, gangguan di pembuluh darah, ataupun adanya penyebab benjolan lainnya.

Beberapa penyebab benjolan yang sering timbul adalah akibat pelebaran pembuluh darah atau varikokel, adanya infeksi kulit baik karena bakteri ataupun virus, adanya hernia, adanya cairan di buah zakar, pembesaran kelenjar lemak ataupun penyebab lainnya.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan USG, pemeriksaan lain yang diperlukan. Tidak jarang untuk menghilangkannya perlu dilakukan tindakan.

Untuk itu segera periksakan diri pada dokter ahli urologi ataupun dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Apabila terjadi akibat pelebaran pembuluh darah seperti varikokel sering kali juga bisa berpengaruh pada kesuburan, jadi ada baiknya segera diperiksakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab buah zakar bengkak sebelah salah satunya adalah hidrokel

Apakah Buah Zakar Besar Sebelah Normal? Ini Penyebabnya!

Penyebab buah zakar besar sebelah adalah kelainan bawaan sejak lahir. Jangan khawatir, meski dianggap kelainan, kondisi ini masih tergolong normal.