Setelah abortus, testpack positif, kenapa?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 25 Tahun
Halo dok, pertengahan maret lalu saya abortus, sampai saat ini saya blm mens. 2 minggu yg lalu saya tespack hasilnya garis 2, hari ini saya tespack lagi masih garis 2. Saya mau tanya ini saya hamil lagi apa hormon hcg yg kemaren masih ada ya dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AN.

Abortus atau keguguran adalah keluarnya janin dari liang vagina pada usia kehamilan di bawah 20 minggu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa macam hal, di antaranya janin tidak berkembang, kecelakaan, pola hidup yang kurang baik, serta memiliki riwayat penyakit kronis.

Saat seseorang mengalami keguguran, hormon kehamilan pada tubuh membutuhkan waktu untuk kembali ke nilai normalnya, termasuk hormon hCG. Hormon tersebut akan kembali tidak terdeteksi pada tubuh rata-rata 14 hari. Apabila setelah 4 minggu hormon hCG masih terdeteksi melalui testpack positif, kemungkinan terjadi abortus inkomplit atau ada sisa janin yang masih tersisa di dalam uterus.

Setelah hormon kembali normal, siklus menstruasi akan datang kembali. Itu artinya sel telur sudah diproduksi dan seorang wanita sudah siap untuk hamil lagi.

Terkait kondisi Anda, sangat disarankan Anda untuk berkonsultasi ulang kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG. Dokter akan mengetahui apakah ada sisa janin atau sudah hamil lagi lewat gambaran USG tersebut.

Untuk sementara, hindari beraktivitas yang terlalu lelah dan selalu konsumsi makanan bergizi. Kendalikan tingkat stres agar tidak berlebihan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi hanya bisa diminimalisis dengan bantuan perugas medis profesional

Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Mengakhiri kehamilan adalah keputusan besar yang akan memengaruhi kondisi emosional dan psikologis seseorang. Menggugurkan kandungan juga memiliki berbagai risiko bagi kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, penting bagi tiap wanita untuk mengetahui hukum dan bahaya aborsi.