23 Dec 2020, 10:17Kandungan

Lepas Implan Kb belum haid selama 4 bulan, apa penyebabnya ?

IA
Info Penanya: IA0
Ass,dokter mhn maaf saya mau bertanya saya seorang ibu dengan 2 anak empat bln terakhir ini saya kok gak dth bulan ya dok terakhir saya pakai kb susuk setelah lepas susuk saya pki pil kb slm 3 bln habis itu sdh gak dth bulan sampek skrg saya sdh coba ke bidan unt menanyakan pertama saya d ksh pil kb katanya nanti akan datang bulan tp ternya ta gak dtg bln jg stlh itu di kasih obat regumen ktnya stlh minum regimen slm 5 hr nanti akan datang bln tp ternyata gak dtg bulan mksh dok
266 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam IAPenggunaan alat kontrasepsi pencegah kehamilan yang menggunakan hormonal seperti pil KB, suntik KB, implan (susuk), atau spiral hormonal memiliki efek samping pada kesehatan reproduksi. Salah satu efek sampingnya adalah haid yang tidak teratur atau bahkan sama sekali tidak haid karena proses ovulasi atau pembentukan sel telur yang dihambat.

Jangka Waktu Menghilangnya Efek Implan KB 

Pada penggunaan implan dalam jangka waktu yang lama efek dari obat hormon masih akan ada selama beberapa waktu. Efek dari obat hormon yang lama ini juga membuat fungsi reproduksi membutuhkan waktu yang lama untuk berfungsi normal kembali. Ada yang berkisar 6 bulan hingga 1 tahun untuk bisa kembali haid. Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memeriksakan kondisi kesehatan organ-organ reproduksi serta perencanaan kehamilan dan peralihan penggunaan alat KB.Ibu tidak perlu khawatir selama ibu melakukan kiat untuk selalu menjaga kesehatan organ reproduksi. Dengan melakukan hal-hal ini diharapkan dapat mempercepat kembali normalnya fungsi organ reproduksi.Hal-hal unutk meningkatkan kesehatan organ reproduksi :
  • Makan bergizi seimbang, perbanyak buah dan sayur
  • Minum air yang cukup
  • Istirahat cukup, tidak bergadang
  • Berolahraga rutin 3-4x seminggu minimal 30 menit
  • Menjaga berat badan ideal
  • Beryoga atau meditasi untuk menghindari stres
  • Menjaga kebersihan organ intim
  • Tidak menggunakan sabun pembersih kewanitaan / daun sirih
  • Minum suplemen asam folat
Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
siklus haidhaidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil