Bisul di vagina, bagaimana mengatasinya ?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 16 Tahun
Cara mengatasi bisul vagina
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SW.

Bisul adalah sejenis benjolan kemerahan pada kulit yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat terasa nyeri. Bisul dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, terutama pada bagian yang berambut, sering berkeringat atau lembap, serta rentan terkena gesekan. Daerah tersebut meliputi wajah, leher, bahu, ketiak, bokong, alat kelamin hingga paha. Biasanya pada bisul ini terbentuk nanah yang terletak dipuncak benjolan dan akan keluar ketika bisul yang matang akhirnya pecah.

Terkait dengan keluhan bisul Anda yang di alami di vagina, seperti pada daerah lain dapat terjadi karena vagina adalah daerah yang cenderung lembap, berambut, dan rentan tergesek. Selain itu terdapat faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya bisul yaitu kulit yang rusak atau luka karena bercukur, adanya pertumbuhan rambut ke bagian dalam kulit (in grown), gigitan serangga, atau penyakit kulit tertentu.

Karena kulit di daerah vagina adalah bagian yang sensitif, ada baiknya Anda mencoba cara alami terlebih dahulu, untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit sekitarnya.

Beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengobati bisul diantaranya adalah :

  • menggunakan kompres hangat
  • mengoleskan sedikit tea tree oil di puncak bisul
  • mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit
  • mengoleskan minyak neem
  • mengoleskan castor oil
  • hindari memencet bisul

Jika keluhan bisul tidak kunjung membaik, Anda dapat memeriksakan diri pada dokter terdekat untuk pengobatan yang lebih intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri

Pahami Gejala Infeksi Kulit Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri yang menyebar dengan begitu masif. Penanganan cepat menjadi kunci kesembuhan. Gerbang masuk ke tubuh manusia paling mudah bagi bakteri adalah saat ada luka terbuka, luka bakar, gigitan serangga, hingga luka pascaoperasi.