Bisul tidak sembuh?

RF Info Penanya: RF, Wanita, 28 Tahun
Dokter mw tanya. Saya punya ank umur 2 tahun. Ud 3 kali ni skit. Kayak bisul dok. Biasanya orang jawa nk bilang udunen. Kok gk sembuh2 ya dok. Bisulnya dipantat. Tpi anaknya yo gk panas. Udah tak periksakan kedokter anak. Tpi gk ad hasil. Mnrt dokter apa diperiksa di dokter kulit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Berdasarkan keluhan yang anak anda rasakan. Sudah berapa lama bisul muncul dan apakah ada nanah? Apakah ada nyeri saat ditekan atau tidak ditekan?

Bisul adalah benjolan merah yang sakit dan berisi nanah. Bisul terjadi karena ada masuknya infeksi bakteri ke dalam kulit. Bisul sering terjadi pada bagian punggung, leher, ketiak, bokong atau selangkangan. Penyebab bisul biasa banyak disebabkan gesekan di daerah tersebut sehingga luka dan menjadi sumber masuk kuman. 

Untuk mengatasi bisul, disarankan:

- jangan dipencet, karena bisul yang matang akan pecah sendiri dalam 1-2 minggu.

- kompres air hangat selama 10 menit untuk membantu nanah menjadi matang.

- cuci dengan sabun antibakteri dan oleskan antibiotik di daerah tersebut.

Jika sudah melakukan hal diatas tetapi bisul dalam 2 minggu tidak kempes dan ada disertai demam, bisul membesar, nyeri semakin berat disarankan untuk ke dokter spesialis kulit. Dokter akan membantu memberikan antibiotik yang tepat untuk bisul nya. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit