Bisul Selalu Tumbuh di Satu Tempat

RA Info Penanya: RA, Pria, 23 Tahun
Saya punya bisul dan selalu timbul hanya di pantat bagian kiri, tidak pernah tumbuh di area yang lain. Penyebabnya apa ya dok? karena kalau saya baca-baca telur tidak menjadi salah satu penyebabnya, apa benar? Atau mungkin dikarenakan mengenakan celana dalam yang terlalu ketat? Selain itu saya dulu juga pernah bisulan setelah bersepeda. Apakah faktor gesekan juga mempengaruhinya?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RA,

Bisul adalah infeksi pada kulit yang bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri. Sering kali bisul timbul akibat gesekan, luka, berkeringat ataupun bagian yang kurang terjaga kebersihannya. Apabila sering kali timbul bisul di satu sisi bagian kulit saja maka bisa dipengaruhi aktivitas ataupun kondisi kulit di daerah tersebut.

Jika pada area pantat bisa coba dihindari memberikan tekanan berlebih pada area tersebut. Bisa dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Hindari duduk diam terlalu lama
  • Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan menyerap keringat
  • Ubah posisi duduk secara berkala agar aliran darah juga bisa lebih lancar
  • Jika sering bersepeda bisa gunakan celana khusus dengan tambahan busa/pad agar gesekan dan tekanan pada kulit bisa berkurang
  • Atur posisi dan pilih sadel yang lebih nyaman

Selain faktor posisi dan kebiasaan, penting juga untuk menjaga kebersihan kulit terutama pada area tertutup. Rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam setiap kali selesai beraktivitas terutama jika berkeringat. Jika bisul sering kali kambuh, bisa memeriksakan diri juga pada dokter spesialis kulit dan kelamin agar dipastikan bisul ditangani sampai tuntas. Jika sering kali kambuh dapat dicurigai juga adanya fistula atau infeksi yang memiliki saluran yang lebih dalam sehingga perlu penanganan lebih untuk mengatasinya sampai tuntas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.