Bagaimana mengatasi bisul

AL Info Penanya: AL, Wanita, 1 Tahun
Dok saya dari kecil belom pernah mengalami bisulan tapi saat umur 21 thn saya mengalami bisulan di bagian ketiak dan didekat vagina dan itu sangat mengganggu saya..tlong saran dan cara penyembuhannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AL.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bisul keluhan kulit yang berupa benjolan yang umumnya berwarna kemerahan, terasa nyeri dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisul dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, namun umumnya lebih sering muncul di area tubuh yang terdapat kombinasi rambut, keringat, dan area lipatan yang rentan bergesekan seperti ketiak, leher, lipatan paha atau selangkangan, bokong serta daerah kelamin. 

Ukuran bisul seringkali menjadi besar dikarenakan adanya nanah yang terbentuk, hal ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada bisul. Pada dasarnya bisul dapat pecah dengan sendirinya dan mengering dalam waktu sekitar hitungan hari hingga hitungan minggu. Namun hal ini tergantung pada derajat keparahan dari bisul yang dialami.

Bakteri penyebab bisul secara umum memang ditemukan pada kulit dan ada di dalam rongga hidung. Bisul kerap kali lebih rentan terjadi pada kulit yang mengalami gangguan atau kerusakan seperti pada kulit yang luka akibat bercukur, mengalami gigitan serangga, adanya rambut yang tumbuh kedalam, ataupun terserang penyakit kulit tertentu.

Terkait dengan pertanyaan Anda, terjadinya bisul juga dapat dipicu oleh kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, adanya penyakit tertentu yang berhubungan dengan kekebalan tubuh atau nutrisi yang kurang baik, kebersihan personal serta bahan kimia tertentu yang mengiritasi kulit.

Karena disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatan dari bisul adalah antibiotik, pada kasus yang tidak terlalu berat dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik topikal saja, namun pada keluhan yang lebih parah, mungkin akan disertai dengan pemberikan antibiotik oral. Dan untuk bisul yang besar, dokter mungkinakan menyarankan prosedur tindakan untuk mengeluarkan nanah.

Untuk sementara, hal yang dapat Anda lakukan di rumah diantaranya adalah :
  • mengompres bisul dengan waslap hangat beberapa kali sehari agar cepat matang  
  • menggunakan garam epsom
  • menggunakan tea tree oil
  • menggunakan bubuk kunyit
  • meminum bubuk kunyit

Apabila keluhan bisul Anda terus berlanjut, sebaiknya periksakanlah diri Anda ke dokter terdekat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat sembarangan bisa picu resistensi antibiotik sehingga penyakit semakin sulit disembuhkan

Minum Obat Sembarangan Bisa Picu Resistensi Antibiotik

Mengonsumsi antibiotik saat sakit memang bermanfaat, asalkan sesuai dengan rekomendasi dokter. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan aturan minum antibiotik. Akibatnya, muncul resistensi antibiotik yang membuat bakteri penyebab penyakit, semakin sulit untuk dibasmi