Bagaimana mengatasi bisul?

MA Info Penanya: MA, Pria, 1 Tahun
Selamat pagi dok saya mau tanya saya punya bisul di sebelah dubur sudah hampir satu tahun ga kunjung sembuh" terus setiap kali kalo dia membengkak saya pecahin dok To legah dibadan tp nanti kambuh lagi dok bisulnya dia ada benjolan di samping dubur saya dok gimna yah dok cara penyembuhannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bisul adalah suatu benjolan merah yang berisi nanah yang berada diatas kulit. Bisul ditandai dengan rasa nyeri pada benjolan, bengkak, peningkatan ukuran benjolan, dan benjolan putih kekuningan yang akhirnya pecah dan mengeluarkan nanah. 

Bisul disebabkan karena bakteri Staphylococcus aureus, kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, kondisi medis tertentu seperi diabetes, sistem kekebalan tubuh yang buruk, kurang menjaga kebersihan diri, dan paparan bahan kimia. 

Kondisi bisul yang sering hilang timbul di tubuh Anda bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh Anda yang buruk. Untuk mengatasinya, Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih seperti makan makanan yang bergizi, konsumsi multivitamin, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.

Cara mengobati bisul

Saat ini, untuk mengobati bisul yang Anda punya, Anda bisa melakukan tips berikut ini:

  • Tidak memecahkan bisul.
  • Kompres dengan air hangat setiap hari dan sedikit tekan pada area bisul.
  • Mengoleskan salep antibiotik yang berasal dari dokter pada bisul. 
  • Menutup bisul dengan kassa dan dibersihkan dengan cairan antiseptik. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat sembarangan bisa picu resistensi antibiotik sehingga penyakit semakin sulit disembuhkan

Minum Obat Sembarangan Bisa Picu Resistensi Antibiotik

Mengonsumsi antibiotik saat sakit memang bermanfaat, asalkan sesuai dengan rekomendasi dokter. Sayangnya, banyak orang yang menyepelekan aturan minum antibiotik. Akibatnya, muncul resistensi antibiotik yang membuat bakteri penyebab penyakit, semakin sulit untuk dibasmi