16 Apr 2021, 04:17Kulit & Kelamin

Bisul bagaimana mengatasinya?

NN
Info Penanya: NN, Wanita0
Halo, selamat pagi dok. Dok saya mau nanya nih, cara agar bisul di pipi saya bisa cepat mengeluarkan nanah / pecah bagaimana ya? Soalx aku jdi kurang percaya diri kalau mw keluar² dari rumah?.
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang NN,Bisul adalah benjolan yang bisa muncul di bagian tubuh manapun dan tentunya akan membuat rasa tidak nyaman terlebih bila bisul tersebut muncul di area wajah. Sebenarnya bisul ini terjadi akibat adanya proses infeksi bakteri, sehingga bila nanahnya bisa keluar maka proses infeksinya akan mereda. Namun hindari memencet bisul secara sembarangan karena bisa saja malah akan menjadi infeksi yang lebih parah.

Tips mengatasi bisul:

  • Kompres menggunakan air hangat.
  • Bisul jangan dipegang-pegang biar tidak menjadi keras.
  • Bila bisul sampai pecah, maka keluarkan sekalian nanahnya hingga keluar darahnya. Selanjutnya kompres dengan es batu agar darahnya bisa berhenti.
  • Oleskan salep antibiotik bila Anda memiliki persediaan atau sisa salep di rumah.
  • Minum paracetamol untuk mengurangi nyerinya.
  • Agar tidak semakin infeksi atau tidak sengaja kegaruk maka tutup bisulnya menggunakan plester. Agar bisul tidak terkena debu juga.
  • Kompres menggunakan lidah buaya.
Lakukan pemeriksaan ke dokter kulit bila bisul tampak meradang kemerahan dan muncul keluhan demam. Biasanya dokter akan mengeluarkan nanahnya dengan melakukan sayatan kecil dan meresepkan antibiotik serta pereda nyeri sesaat.Salam sehat,dr. Vina
antibiotikbisulfolikulitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil