Bisul dekat anus yang hilang timbul, bagaimana mengobatinya ?

SU Info Penanya: SU
Dok. Nih saya ada bisul dekat bagian anus dok udh lumayan lama udh berobat kesana kemari nah kmren akhir sya brobat Alhamdulillah sempet sembuh jelang 1 minggu saya BAB terus dok dari situ timbul lagi dok si bisul itu kalo bisa boleh rekomendasiin obat gak dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RM.

Bisul dekat anus atau yang dalam istilah medis dikenal dengan abses anus merupakan keadaan penumpukan kumpulan nanah di area sekitar anus. Terdapat dua macam tipe yakni abses yang terjadi di lapisan dalam kulit (perirektal) dan di permukaan kulit (perianal). Keadaan yang sering terjadi adalah abses perianal, namun abses perirektal merupakan jenis yang lebih berbahaya.

Adapun penyebab terjadinya abses anus yang meliputi :

  • luka pada saluran anus (fisura ani) yang terjadi lebih dulu dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi sekunder
  • terjangkit penyakit menular seksual
  • adanya penyumbatan pada kelenjar anus
  • memiliki penyakit pencernaan berupa infeksi usus, radang usus besar dan lain-lainnya

Mengenai keluhan Anda yang sudah berobat tetapi tidak kunjung sembuh, perlu ditelaah lebih dulu apakah sudah berobat pada dokter Spesialis Bedah yang merupakan ahli dalam bidang, karena umumnya keadaan bisul atau abses yang berulang membutuhkan penangan khusus berupa obat khusus serta tindakan berupa operasi baik kecil maupun besar yang akan disesuaikan dengan derajat keparahan dari kondisi yang Anda alami saat ini.

Untuk saat ini Anda melakukan kompres pada bagian bisul dengan menggunakan cairan NaCl yang dapat dibeli di apotek. Apabila keluhan disertai nyeri yang hebat, demam tinggi, kesulitan buang air besar dan muntah, segeralah memeriksakan diri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering buang air besar bisa jadi gejala penyakit IBS yang berbahaya

Sering Buang Air Besar, Gejala Penyakit IBS yang Mengintai

Sindrom iritasi usus besar terjadi ketika ada gangguan kronis pada usus besar. Ciri-cirinya adalah akan mengalami sering buang air besar dalam durasi yang lama.