Bisul di ketiak pertanda apa?

SN Info Penanya: SN, Pria, 19 Tahun
Dok saya mengalami bisul di daerah ketiak sebelah kiri dekat dgn payudara saya dan di pantat sebelah kiri saya juga ada bisulnya kira" itu gejala apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, S.

Bisul atau bahasa medisnya “Furunkel” merupakan benjolan merah pada kulit yang terasa nyeri dan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisul dapat menghasilkan nanah berwarna putih kekuningan yang menyebabkan ukurannya bertambah besar dan semakin nyeri. Bisul dapat berada dimana saja, terutama pada leher, ketiak, wajah, pantat, dan paha.

Bakteri yang paling umum menyebabkan bisul adalah Staphylococcus Aureus. Setiap orang mempunyai bakteri Staphylococcus Aureus pada kulitnya masing-masing. Bakteri tersebut akan menyebabkan infeksi hanya apabila masuk ke dalam aliran darah melalui luka terbuka atau garukan. Ketika bakteri tersebut sudah di dalam darah, sistem imun tubuh akan melawan dan menghasilkan bisul. Jika sistem imun tubuh menurun, maka akan meningkatkan resiko terjadinya bisul. Selain itu, diabetes, eczema, dan kontak dengan penderita lain juga meningkatkan resiko terjadinya bisul.

Bisul biasanya akan berlangsung selama 2 hari – 2 minggu, Kompres hangat dapat membantu mempercepat pecahnya bisul dan meredakan rasa nyeri. Jika diperlukan,mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen juga dapat dilakukan. Namun apabila terdapat tanda yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Bila terdapat di wajah
  • Gejala semakin memburuk atau sangat nyeri
  • Disertai dengan demam
  • Ukuran bisul >2 inci (5 cm)
  • Tidak membaik dalam 2 minggu
  • Terjadi infeksi berulang

Maka sebaiknya Anda konsultasikan ke Dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jangan mencoba membukanya sendiri dengan meremas, menusuk, atau memecah bisul. Ini dapat meningkatkan risiko infeksi yang lebih dalam dan jaringan parut yang parah. 

Semoga lekas membaik. 

 

Salam Sehat.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.