Bisul di area dubur

RW Info Penanya: RW, Pria
Dok..ada bisul di area dubur saya..kira2 proses sembuhnya berapa hari ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RW,

Bisul di area dubur perlu diberi perhatian khusus karena jika tidak ditangani dengan baik bisa menjadi infeksi yang lebih berat dan memerlukan penanganan yang lebih. Bisul pada anus sendiri bisa timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Infeksi folikel rambut di sekitar anus
  • Abses anus atau terkumpulnya nanah di jaringan kulit anus
  • Fistula ani atau terbentuknya lubang terowongan yang disebabkan infeksi dan bisa menjadi kumpulan nanah
  • Fisura ani atau luka di jaringan anus
  • Wasir

Untuk itu perlu dipastikan penyebabnya karena pada beberapa kasus bisa timbul berulang ataupun tidak sembuh dengan tuntas sehingga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri pada anus, sulit melakukan aktivitas sehari-hari dan juga sampai memerlukan operasi untuk penanganannya seperti misalnya jika disebabkan oleh fistula ani. 

Hindari memecahkan bisul, mengorek atau menekannya karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi lebih berat, hindari menggunakan pakaian ketat dan jangan mengobati diri sendiri dengan mengonsumsi sembarangan obat. Segera periksakan diri pada dokter untuk dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Staphylococcus aureus bisa sebabkan berbagai macam penyakit, seperti bisul hingga keracunan darah

7 Penyakit Akibat Infeksi Staphylococcus Aureus, dari Ringan hingga Mematikan

Infeksi bakteri Staphylococcus aureus sebenarnya cukup sering terjadi. Namun tahukah Anda, jika bakteri ini bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga parah? Bahkan pada kondisi tertentu, bakteri ini bisa menyebabkan kematian.