Bisakah tumor otak stadium 3 dioperasi?

VM Info Penanya: VM, Pria, 17 Tahun
Penderita Kanker Otak Bisakah Tumornya Dikeluarkan Secara Total Meskipun Udah Stadium Ke3 Dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VM,

Kanker otak terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang menumpuk di otak. Gejala kanker otak sendiri bermacam-macam tergantung dari stadiumnya, namun ada beberapa gejala yang sering menyertai kanker otak seperti sering mengeluh pusing, sakit kepala, mual, muntah, penurunan berat badan, dan keluhan-keluhan lain tergantung dimana lokasi kanker tersebut berada.

Penanganan terhadap kanker otak ditentukan oleh :

  1. Jenis kanker otak tersebut apakah primer berasal dari jaringan otak itu sendiri, atau sekunder yang artinya merupakan penyebaran ke otak dari kanker di tempat lain.
  2. Lokasi tumor otak.
  3. Besarnya tumor otak.
  4. Stadium berapa saat kanker otak ini ditemukan.
  5. Apakah ada penyebaran ke organ lain.
  6. Apakah ada penyakit lain yang menyertai seperti diabetes, hipertensi.

Karena banyaknya pertimbangan ini, saya tidak dapat menjelaskan secara pasti apakah kanker otak stadium 3 pada kasus Anda ini dapat dioperasi dan dikeluarkan sepenuhnya. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter onkologi Anda atau mencari opini kedua dengan dokter onkologi yang lainnya. Untuk mengurangi kemungkinan kanker otak semakin besar, perlu dijaga pola hidup sehat seperti perbanyak konsumsi sayur dan buah yang tinggi kandungan vitamin dan antioksidan, cukup istirahat, hindari makanan berpengawet dan makanan kaleng.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat saffron tak hanya sebagai penyedap masakan tetapi sekaligus untuk kesehatan

Manisnya Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Manfaat saffron tidak hanya terletak dari aroma harum dan cita rasanya yang memanjakan lidah, tetapi juga mampu memberikan berbagai manfaat terhadap kesehatan, seperti menurunkan berat badan, dan sebagainya.