Bisakah TBC kambuh karena cuaca dingin?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, aku penderita TBC. Kemarin sepulang dari puncak Jabar, aku batuk darah banyak banget, tetapi dadanya tidak terasa ngilu. Setelah 2 hari minum obat, batuk mereda tapi tulang rusuk sebelah kiri sama dekat situ bagian tubuh kerasa sakit banget kaya luka. Apakah ada hubungan cuaca dingin dengan TBC ya dok? Apa hal-hal yang perlu saya hindari agar TBC tidak kambuh? Terima kasih sebelumnya sudah mau dijawab.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

TBC adalah infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang sering menimbulkan gejala berupa batuk-batuk, keringat malam, demam, penurunan berat badan, atau berat badan tidak bertambah meskipun sudah makan banyak, batuk berdarah hingga sesak napas.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis sehingga tidak ada kaitannya dengan cuaca dingin. Yang menyebabkan seseorang lebih rentan terinfeksi TBC adalah orang-orang yang aktivitas sehari-harinya berhubungan atau berdekatan dengan penderita TBC misal orang yang tinggal serumah dengan penderita TBC atau petugas kesehatan, sehingga perlu memakai masker karena penularan TBC melalui droplet yang menyebar melalui udara. Selain itu Anda perlu menjaga daya tahan tubuh dengan cara perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih yang banyak minimal 2 liter setiap harinya, tidur secara teratur, dan olahraga 30 menit setiap hari.

Kekambuhan TBC disebabkan oleh terpapar infeksi kembali atau pengobatan yang tidak tuntas. Pengobatan TBC membutuhkan jangka waktu lama minimal 6 bulan dan bisa diperpanjang tergantung respon tubuh terhadap pengobatan. Untuk itu Anda perlu meminum obat secara teratur dan kontrol rutin ke dokter paru untuk memantau kondisi Anda terlebih bila ada keluhan batuk berdarah yang sangat banyak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.