Bisakah suplemen herbal mengurangi mata minus?

AS Info Penanya: AS
Benar ngak suplemen herbal buat mata bisa mengurangi mata minus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Mata minus atau rabun jauh adalah gangguan pada mata dimana tidak mampu melihat obyek yang letaknya jauh secara jelas, bisa melihat namun buram. Hal ini disebabkan oleh bentuk bola mata yang terlalu panjang atau kelengkungan kornea yang berlebihan. Gangguan pada mata ini hanya bisa dikoreksi dengan kacamata minus atau lensa kontak minus, namun penggunaan kacamata atau lensa kontak ini tidak bisa menyembuhkan atau menghilangkan mata minus. Yang dapat menghilangkan rabun jauh hanyalah operasi LASIK dimana kelengkungan kornea akan disesuaikan.

Asupan sayur dan buah dengan kandungan vitamin A hanya mencegah agar mata minus tidak bertambah parah. Sehingga konsumsi suplemen herbal juga tidak dapat menghilangkan mata minus yang sudah terlanjur ada.

Selain itu perlu menjaga jarak baca minimal 30 cm, menghindari menatap komputer secara terus menerus, hindari membaca dengan kondisi pencahayaan yang kurang terang untuk mencegah mata minus semakin parah. Serta lakukan kontrol rutin ke dokter mata untuk memantau kondisi mata Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.