Bisakah sembuh total setelah stroke?

AA Info Penanya: AA
Tanya dok... Saya 10 bulan yg lalu terkena serangan stroke, dan sekarang sdh berangsur sembuh tp ada bagian tertentu yg blm pulih. Yg ingin sy tanyakan bisakah saya pulih seperti semula atw sembuh total? Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Stroke merupakan penyakit dimana terjadi gangguan di pembuluh darah otak yang bisa berupa sumbatan atau perdarahan. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pulih tidaknya sesesorang setelah stroke :
  1. Usia. Usia muda kemungkinan pulihnya lebih baik dibanding usia tua.
  2. Seberapa cepat penanganan ketika muncul stroke. Idealnya stroke harus sudah ditangani sebelum 6 jam, semakin cepat penanganan akan semakin baik, karena akan meminimalkan jaringan otak yang rusak.
  3. Adanya penyakit lain. Adanya penyakit lain seperti diabetes, jantung koroner, gagal ginjal, hipertensi maka akan memperkecil kemungkinan pulih.
  4. Perawatan setelah stoke. Bila sering melakukan fisioterapi atau rajin berlatih untuk menggerak-gerakkan tangan dan kaki, maka kemungkinan pulih akan semakin baik.
  5. Seberapa berat kerusakan yang ada di otak, hal ini bisa dilihat dari CT scan kepala. Semakin besar kerusakan jaringan, maka akan semakin kecil kemungkinan untuk pulih.
  6. Pola makan setelah stroke. Harus menghindari makanan berlemak, serta kurangi asupan garam.

Sehingga bisa tidaknya Anda pulih total seperti sedia kala tergantung dari faktor-faktor yang saya jelaskan di atas, dan yang terpenting adalah mencegah agar tidak sampai terjadi stroke berulang. Lakukan kontrol rutin ke dokter saraf untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan jantung seperti atrial fibrilasi perlu segera mendapatkan penanganan dokter

Mengenal Atrial Fibrilasi, Ketidakteraturan Irama Jantung yang Memicu Stroke

Atrial fibrilasi (AF) adalah ketidakteraturan irama jantung yang cepat dan dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, bahkan kematian. Komplikasi dari atrial fibrilasi dapat memicu terjadinya stroke