Bisakah selsun blue atasi kurap yang membandel?

SL Info Penanya: SL
Dokter, saya pernah baca kalau selsun blue bisa atasi kurap yang membandel. Benar begitukah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kurap adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur pada kulit tubuh. Dalam istilah medis kurap kerap kali diartikan berupa tinea. Tine sendiri terbagi berbagai macam berdasarkan lokasinya, tinea pedis (kaki), tinea corporis (badan), tinea unguium (kuku) dan tinea capitis (kepala). Kondisi ini, sangat mudah menular. Umumnya, keluhan berupa ruam berbentuk lingkaran dengan sisi lebih aktif dan berwarna kemerahan sedangkan pada bagian tengahnya secnerung sembuh (normal). Keluhan yang paling sering muncul adalah rasa gatal, dan ulit yang mudah mengelupas.

Terkait dengan pertanyaan Anda, produk sampo yang Anda sebutkan belum terbukti secara efektif dapat digunakan untuk mengatasi kurap. Pengobatan yang digunakan untuk mengatasi kurap adalah obat anti jamur. Bisa berupa krim, bubuk, salep, atau bahkan obat telan. Pemnerian jenis obat biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien serta lokasi dari kurap tersebut. Terdapat beberapa bahan Alami yang bisa membantu mengatasi kurap.

Adapun beberapa bahan alami tersebut adalah:

Apabila sudah mencoba menggunakan beberapa bahan alami namun tidak membaik, sebaiknya segeralah periksakan ke dokter spesialis kulit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan diberikan pengobatan yang sesuai.

Pastikan Anda menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, hindari menggunakan barang pribadi bersamaan dengan orang lain (handuk, bantal, sepatu dan lain lain), sebisa mungkin hindari menggaruk, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari bahaya gula dengan mengurangi konsumsi hariannya

Penuaan Dini, Bahaya Gula yang Jarang Disadari

Tidak hanya membuat gigi berlubang dan meningkatkan risiko diabetes, mengonsumsi gula berlebih ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satu bahaya gula yang jarang disadari adalah penuaan dini.