Bisakah minyak kutus-kutus atasi testis yang ngilu?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Sore dok, saya punya kebiasaan buruk onani sejak2 tahun yang lalu. 6 bulan belakangan saya merasa testis terasa lebih ngilu dok. Apa ini bisa saya atasi dengan minyak kutus-kutus dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Onani adalah kegiatan seksual dengan merangsang diri sendiri yang lambat laun bisa menjadi kebiasaan dan menimbulkan kecanduan. Kecanduan ini dalam artian bila tidak melakukan onani akan merasa seperti tidak tenang, gelisah, badan sakit semua, dll. Namun bila onani ini hanya dilakukan sesekali saja maka tidak masalah dan bisa berdampak positif seperti relaksasi tubuh dan mengurangi stres.

Selain kecanduan, dampak negatif terlalu sering onani adalah menyebabkan trauma pada area kelamin yakni penis dan skrotum tergantung pada area mana Anda melakukan rangsangan. Dan salah satu kemungkinan penyebab testis Anda terasa ngilu bisa akibat aktivitas onani yang berlebihan. Tapi selain onani, nyeri pada testis juga bisa disebabkan oleh peradangan pada testis, hidrokel, torsio testis, dll.

Perihal bisakah minyak kutus-kutus dipakai untuk pengobatan testis yang ngilu, tentunya tergantung pada penyebab rasa ngilu itu sendiri. Minyak kutus-kutus adalah minyak kelapa yang dicampur dengan bahan-bahan herbal seperti daun-daunan, temulawak, dll dan seringkali dipakai untuk memijat. Bila aliran darah lancar, maka bagian yang nyeri seringkali akan terasa lebih nyaman. Namun bukan berarti area kelamin boleh dipijat.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi testis yang ngilu adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan nyeri sesaat.
  • Hindari celana yang ketat.
  • Banyak berbaring, dan jangan melakukan onani ketika kelamin sedang sakit.

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter urologi agar bisa segera ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada testis dapat disebabkan oleh torsi testis, vasektomi, hidrokel, dan varikokel

Waspada! Inilah Penyebab Nyeri Testis yang Mungkin Terjadi

Nyeri pada testis tidak selalu berkaitan dengan kanker testis. Penyebab nyeri testis yaitu, torsi testis, batu ginjal, sembelit, hernia, masalah perut, vasektomi, hidrokel, dan varikokel.