24 Aug 2020, 22:58Kulit & Kelamin

Bisakah minyak calendula atasi gatal saat hamil?

JB
Info Penanya: JB, Wanita0
Malam dok, saat ini saya sedang hamil 10 minggu. Lama-lama kok perut saya sering gatal ya dok? Boleh nggak diatasi dengan minyak calendula?
7417 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang JS,Calendula adalah tanaman yang berbunga dimana memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan terutama untuk kesehatan. Nama lain dari calendula sendiri adalah Marigold. Calendula sendiri dimanfaat untuk kecantikan juga terutama untuk kesehatan kulit.Calendula dimanfaat dengan beberapa cara baik dijadikan minyak, dibuat menjadi minuman seperti teh, ataupun dapat disajikan sebagai bagian dari makanan. Apabila dijadikan minyak, beberapa manfaat minyak calendula sendiri diantaranay adalah:
  • Dapat membantu mengatasi peradangan karena sifat antiinflamasi atau antiperadangan dalam kandungan antioksidan yang dimilikinya yang juga bisa mencegah penuaan dini
  • Membantu penyembuhan luka karena sifat antimikrobanya dan juga bisa digunakan membantu mengatasi jerawat
  • Dapat menjadi tabir surya
  • Membantu melembapkan kulit untuk mengatasi kulit kering dan bersisik
Pada ibu hamil sendiri penggunaan minyak calendula secara topikal atau dioleskan bisa digunakan, tetapi untuk dikonsumsi secara oral baik sebagai tambahan bahan makanan atau dalam bentuk teh perlu dihindari karena bisa meningkatkan risiko keguguran. Apabila mengalami gatal saat hamil, bisa terjadi karena perubahan hormonal selama kehamilan, untuk itu bisa coba atasi dengan menggunakan losion calamine serta hindari menggaruk agar tidak terjadi iritasi atau infeksi pada kulit yang gatal. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilangatalherbal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil