Bisakah hidrokortison digunakan pada wajah yang sensitif?

YP Info Penanya: YP, Wanita, 2019 Tahun
dik, saya mau tanya apa obat kulit hidrikortison bisa di pakai pada muka yang merah dan gatal karena sensitif pada kosmetik
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YP,

Kulit wajah yang merah dan gatal bisa disebabkan oleh iritasi wajah akibat pemakaian produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, atau adanya dermatitis, infeksi jamur, kulit kering, paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama, dll.

Sedangkan salep kulit hidrokortison merupakan salep kortikosteroid dengan potensi ringan yang dapat dipakai untuk mengurangi reaksi peradangan yang ada di kulit. Bila kulit wajah yang merah dan gatal yang Anda rasakan akibat pemakaian kosmetik, maka salep hidrokortison bisa dipakai dengan mengoleskan secara tipis-tipis, dan tentunya hentikan pemakaian kosmetik tersebut.

Selain itu Anda juga bisa memberikan masker pada kulit wajah Anda dengan bahan alami seperti lidah buaya, ketimun, madu untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda.

Bila reaksi radang pada wajah semakin berat, gatal, hingga kulit mengelupas, sebaiknya lakukan konsultasi dnegan dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pahami peraturan ini sebelum terpaksa keluar rumah, untuk cegah virus corona.

Perlindungan Ketika Ke Luar Rumah yang Efektif Cegah Virus Corona

Tidak semua orang bisa berdiam diri di rumah, untuk mencegah virus corona (Covid-19). Ada yang masih harus beraktivitas di luar rumah demi mendapatkan nafkah. Lantas, “peraturan” apa saja yang harus dipatuhi agar tak tertular virus corona?