Bisakah hamil setelah melakukan hubungan dan menstruasi?

FN Info Penanya: FN, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya saya haid tgl 29 juli sampe tgl 2 agustus kemudian saya melakukn hubangan suami istri selama masa subur , dan di tgl 19 agustus saya menstruasi lagi , apakah bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan merupakan hal yang tidak bisa di prediksi secara pasti. Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi karena adanya pembuahaan antara sel telur dengan sperma. Sel telur akan keluar setiap bulannya pada masa ovulasi atau masa subur setiap bulannya. Masa subur pada normalnya terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Jika pada masa subur, sel telur keluar dan ada sperma yang masuk ke dalam rahim, maka kehamilan akan dapat terjadi.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Anda berhubungan kemudian terjadi menstruasi, kemungkinan terjadi peluang kehamilan adalah kecil, atau hampir tidak ada. Karena terjadi peluruhan dinding rahim karena tidak ada sel telur yang di buahi. Namun jika darah tersebut bukan darah menstruasi, maka peluang kehamilan masih ada, bisa saja darah yang terjadi adalah darah implantasi (penempelan janin di dinding rahim). Jadi sebaiknya pastikan terlebih dahulu darah yang terjadi adalah darah menstruasi atau darah yang lain. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.