Bisakah hamil?

VA Info Penanya: VA, Wanita, 23 Tahun
Jadi gini dok, saya melakukan hubungan bersama pasangan saya. Tapi kita melakukan nya tidak di dalam, karena pada saat itu hari terakhir saya mens. Apakah bisa kemungkinan saya hamil jika terkena sedikit cairan sperma pasangan saya yg mengenai ms. v?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore VA,

Untuk terjadinya kehamilan diperlukan pertemuan antara sel telur dengan sperma. Pada umumnya sel telur ini akan dilepaskan ketika masa subur, yang rata-rata berkisar 2 minggu sejak HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan perkiraan siklus haid 28 hari. Namun berhubungan seksual di luar masa subur ini juga bisa tetap menghasilkan kehamilan bila perhitungan masa suburnya tidak tepat atau siklus haidnya maju mundur tidak teratur.

Perihal Anda yang berhubungan seksual di hari terakhir haid, maka bisa dibilang kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil, terlebih bila dilakukan ejakulasi di luar. Namun bisa terjadi kehamilan bila siklus haid Anda maju dan karena cairan pra ejakulasi sudah mengandung sperma, jadi bila terlambat pakai kondom bahkan tidak pakai kondom samasekali maka tetap ada kemungkinan sperma masuk di dalam vagina. Dan sperma bisa bertahan hidup di dalam vagina sekitar 2-5 hari.

Jadi sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan tes pack bila nantinya Anda mengalami terlambat haid. Pastikan untuk menggunakan urin yang pertama kali keluar saat pagi hari dan alatnya tidak kedaluwarsa.

Dan untuk selanjutnya bila memang belum siap hamil, maka gunakan kondom atau KB untuk mencegah kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat strawberry baik bagi ibu hamil

Apa Saja Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil?

Buah-buahan merupakan salah satu makanan bernutrisi yang baik untuk calon ibu. Salah satu buah yang aman dikonsumsi oleh bumil adalah strawberry. Salah satu manfaat strawberry untuk ibu hamil adalah menjaga daya tahan tubuh dan mengandung asam folat.