Bisakah ASI keluar kembali setelah lama tidak menyusui?

AJ Info Penanya: AJ, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya ini asi bisa gak keluawar lagi soalnya saya udah lama gak menyusuwi,karna suwami saya pingin melihat saya mengeluwarkan lagi asi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AJ

Terima kasih atas pertanyaannya

Proses agar ASI dapat keluar lagi disebut relaktasi. Kemungkinan berhasilnya cukup tinggi tapi anda harus memantau berat badan bayi anda untuk memastikan ASInya cukup. Caranya dengan sering menstimulasi dengan bayi anda menghisap payudara agar hormon penghasil susu dapat keluar kembali. Bisa juga menggunakan pompa payudara atau dengan memeras menggunakan tangan. Semakin cepat memulai proses relaktasi setelah berhenti menyusui maka kemungkinan berhasilnya semakin tinggi. 

Dokter juga bisa membantu terutama yang bertindak sebagai konselor laktasi. Ibu juga harus banyak minum cairan dan makanan yang bergizi untuk membantu produksi susu. Relaktasi tidak ada batasan usia bayi, bahkan bayi usia lebih dari satu tahun. Bayi tidak akan menyukai menyusui payudara yang tidak mengeluarkan ASI, anda bisa mendapatkan informasi tentang teknik yang bisa dilakukan dengan konselor laktasi tersebut. Anda dapat membaca artikel mengenai tanda bayi anda cukup mendapatkan ASI.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di payudara yang terasa sakit dapat disebabkan oleh kelenjar susu mengeras akibat mastitis

Tidak Hanya Mastitis, Benjolan di Payudara juga Disebabkan oleh Berbagai Kondisi Ini

Benjolan di payudara dapat disebabkan oleh kelenjar susu mengeras akibat mastitis. Namun tak hanya mastitis, terdapat pula gangguan lain yang dapat menyebabkan terjadinya benjolan di payudara. Untuk membedakannya, Anda harus memerhatikan tanda-tanda dari benjolan tersebut.