Bisakah alat makan menularkan hiv aids?

SL Info Penanya: SL
Hello dokter, kalau seandainya kita tidak sengaja menggunakan alat makan yang sama dengan sendok bekas penderita aids apakah kita akan positif tertular? Mohon di jawab ya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

AIDS merupakan singkatan dari acquired immunodefiiency syndrome yaotu kondisi infeksi virus HIV pada stadium akhir. Pada keadaan ini orang tersebut sudah mengalmi berbagai macam infeksi karena adanya penurunan imunitas (daya tahan tubuh) yang merupakan akibat dari terserang virus HIV. Sampai saat ini, masih belum ada obat untung mengobati HIV. HIV adalah suatu virus yang merusak sistem imun dan dan sel CD4. Sehingga tubuh penderita lebih rentan terserang infeksi.

HIV ditularkan dari orang satu ke oranglainnya melalui hubungan seksual, penggunaan jarum suntik yang terlah terpapar (terkontaminasi) virus HIV, dan beberapa cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan vagina (cairan tersebut harus mengenai membran mukosa yang terbuka atau adanya luka terbuka).

Tindakan yang bisa dilakuan untuk mencegah AIDS adalah:

  • Hindari bergonta ganti pasangan seksual
  • Gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual
  • Lakukan tes HI utk mendeteksi virus dalam tubuh bilamana Anda termasuk risiko tinggi (pekerja seksual, pengguna narkoba atau sebagai tenaga medis)
  • Rutin melakukan pemeriksaan infeksi menular seksual
  • Hindari menggunakan jarum suntik secara bersamaan
  • Konsumsi obat khusus bila terbukti telah terpapar HIV

Perlu diketahui, HIV tidak menular melalui berjabat tangan, udara, peralatan makan, bersin,gigitan nyamuk, ciuman (dengan mulut tertutup dan atau tidak ada luka) dan gigitan nyamuk. Bila terdapat keluhan, periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala HIV pada anak tidak boleh diabaikan

Ini Gejala HIV pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orangtua

Gejala HIV pada anak tidak boleh diabaikan. Orangtua harus memahami betul gejala HIV pada anak, supaya pengobatan dan penanganannya maksimal.