27 Feb 2021, 16:27Kandungan

Apakah bisa hamil kembali setelah keguguran ?

S
Info Penanya: S0
Hallo dokter... Saya ingin bertanya, apakah bisa hamil tetapi belum haid pasca keguguran, saya ke guguran tgl 21 januari 2021 sampai sekarang haid saya belum datang. Apakah bisa hami ya dok. Terima kasih.
254 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Keguguran adalah sebuah risiko yang terjadi pada kehamilan trimester pertama dimana penyebab keguguran beragam salah satunya infeksi toxoplasmosis yang berasal dari kotoran kucing. Keguguran akan menimbulkan kesedihan mendalam terutama bagi pasangan yang sudah sangat lama menanti kehamilan dan hadirnya buah hati dalam rumah tangga.

Apakah bisa hamil kembali setelah keguguran ?

Saat keguguran terjadi perubahan hormon dan rahim Ibu terlebih sebelumnya Ibu menjalani kuret sehingga rahim perlu waktu untuk mempersiapkan kehamilan kembali. Jika setelah keguguran, Ibu mengalami ovulasi dan berhubungan seksual, maka kehamilan bisa terjadi walau belum datang menstruasi. Telat datang bulan yang Ibu alami selain karena kehamilan bisa disebabkan ketidakstabilan hormon pasca keguguran, Ibu mengalami penyakit tertentu seperti PCOS, kekurangan hormon tiroid, berat badan yang tidak ideal, Ibu stress dan merasa lelah.Ibu sebaiknya menunggu waktu minimal 3 hingga 6 bulan sambil merpersiapkan diri dengan mengkonsumsi suplemen zat besi, kalsium, asam folat, vitamin E dan vitamin C, agar imun tubuh optimal, hormon kembali stabil dan program hamil juga berhasil. Jangan lupa untuk pantau kesehatan dan organ reproduksi di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
meningkatkan kesuburankeguguranmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil