Ejakulasi di luar apakah menyebabkan kehamilan?

YD Info Penanya: YD, Pria, 1 Tahun
Dok, sya berhubungan badan sebulan yg lalu, waktu berhubungan keluarnya di luar, di bersihkan dengan tisu dan berhubungan lagi, apakah hal itu bisa menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YD.

 

Senggama terputus merupakan salah satu jenis metode kontrasepsi alami yang digunakan sebelum adanya alat kontrasepsi lain. Banyak pasangan memilih metode ini untuk mencegah terjadinya kehamilan dikarenakan tidak membutuhkan biaya dan dapat dilakukan kapan saja. Senggama terputus dilakukan dengan cara menarik penis dari liang vagina tepat sebelum terjadinya ejakulasi.

Terkait dengan pertanyaan Anda pada prinsipnya kehamilan dapat terjadi jika ada proses bertemunya sperma dengan sel telur kemudian terjadilah pembuahan yang akhirnya terjadi kehamilan. Namun pada saat seseorang melakukan hubungan seksual dengan melakukan pencegahan kehamilan menggunakan metode ini tidak menjamin sepenuhnya bahwa wanita tidak akan hamil dikarenakan pada saat pria ereksi dapat saja mengeluarkan cairan praejakulasi yang dapat mengandung sperma, jika pria tersebut tidak menyadari cairan praejakulasi keluar maka ketika sedang melakukan penetrasi penis cairan praejakulasi akan masuk ke liang vagina yang dapat menyebabkan kehamilan.

Kesimpulannya jika Anda belum menginginkan terjadinya kehamilan sebaiknya Anda memilih metode kontrasepsi lainnya seperti, KB pil, KB suntik, IUD, dan implan. Jika Anda bingung dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat untuk diri Anda sebaiknya lakukanlah konsultasi kepada dokter spesialis kandungan.

Sementara tetap lakukan olahraga teratur, banyak minum air putih dan makan sehat perbanyak sayur serta buah guna menjaga kesehatan organ intim dan kandungan.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergeseran posisi merupakan salah satu efek samping IUD yang mungkin terjadi

Efek Samping IUD, Pertimbangkan Sebelum Memilihnya

Sama seperti alat kontrasepsi lain, IUD atau KB spiral dapat menyebabkan sejumlah efek samping pada penggunanya. Salah satunya adalah posisi IUD bisa bergeser dari tempatnya semula. Kira-kira apa penyebabnya?