Apakah bisa membuat hamil?

SV Info Penanya: SV
Dok,saya mau tanya. Apakah bisa seorang wanita hamil jika kepala penis masuk ke vagina(belum semua)Tetapi sperma di keluarkan di daerah perut(diluar)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SV,

Untuk bisa hamil, sel telur hanya perlu dibuahi oleh satu sel sperma dari jutaan sel yang dilepaskaan saat ejakulasi ataupun apabila ada sel sperma yang masuk ke dalam rahim dan sampai pada sel telur. Apabila melakukan aktivitas seksual seperti petting ataupun melakukan aktivitas seksual tanpa penetrasi juga bisa berisiko terjadi kehamilan jika terjadi ejakulasi di area sekitar vagina dan sperma tidak sengaja terbawa masuk.

Apabila ada penetrasi tetapi hanya kepala penis saja dan tidak semua, apabila tidak menggunakan pengaman seperti kondom kemungkinan hamil mungkin kecil. Tetapi jika saat melakukannya ada cairan preejakulasi yang keluar dari penis dan mengandung sel sperma dan bergerak aktif di dalam vagina sampai bertemu sel telur maka kemungkiann untuk hamil bisa terjadi walaupun kecil.

Untuk itu jika memang tidak menginginkan kehamilan atau belum siap menanggung hamil, sebaiknya hindari aktivitas seksual atau bisa gunakan alat kontrasepsi seperti kondom misanya. Selain menghindari risiko terjadinya hamil, kondom juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya penularan infeksi menular seksual sampai mengurangi risiko penularan infeksi HIV.

Jadi bisa diawasi, jika pasangan Anda mengalami keterlambatan haid di siklus berikutnya. Bisa coba diperiksakan menggunakan alat tes kehamilan seperti menggunakan testpack. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan flek hamil dan haid dari warna darah

Mengenal 6 Perbedaan Flek Hamil dan Haid

Perbedaan flek hamil dan haid perlu Anda ketahui agar dapat ditangani dengan tepat. Perbedaan flek ini dapat Anda lihat dari warna dan jumlah pendarahannya.