Bipolar Disorder itu ada obatnya ?

OD Info Penanya: OD, Wanita, 18 Tahun
Siang dok, Aku mau tanya, Bipolar Disorder itu ada obatnya ? Terimaksih :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi OD,

Gangguan bipolar adalah salah satu gangguan mental dimana penderita memiliki suasana hati yang dapat berubah-berubah secara ekstrem, penderita dapat merasa sangat senang (manik), namun dilain waktu dapat merasa sangat sedih hingga depresi tanpa sebab yang jelas. Ada 3 jenis gangguan bipolar yaitu :

  1. Gangguan bipolar I. Penderita biasanya mengalami satu episode manik yang sebelumnya didahului dengan episode depresi yang berat.
  2. Gangguan bipolar II. Penderita memiliki lebih dari satu episode depresi serta hipomanik. Hipomanik merupakan kondisi yang lebih ringan dibanding dengan manik.
  3. Cyclothymia. Jenis ini mengakibatkan fase depresi tingkat rendah yang bergantian dengan periode hipomania. Beberapa penelitian seringkali memisahkan jenis ini secara terpisah dari gangguan bipolar, karena perubahan mood yang dialami pada cyclothymia tidak terlalu ekstrem.

Perawatan gangguan bipolar bertujuan untuk menstabilkan suasana hati penderita agar tidak dalam fase manik atau fase depresi yang berlebihan. Penanganan yang dapat dilakukan berupa :

  1. Pemberian obat-obatan yang dikonsumsi secara rutin minimal 6 bulan.
  2. Psikoterapi.
  3. CBT. Merupakan terapi perilaku kognitif yang bertujuan untuk mencegah kekambuhan.
  4. Rawat inap. Penderita yang ada kecenderungan untuk melukai diri sendiri kadang memerlukan rawat inap di Rumah Sakit beberapa hari untuk menstabilkan suasana hatinya.

Bila Anda merasa suasana hati berubah-berubah kadang sangat senang dan bersemangat, namun diwaktu lain sangat sedih, malas, tidak ada semangat hidup, maka segera konsultasikan diri Anda ke psikiater untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat, 

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh OD
14 Oct 2019, 13:35
Siang dok, Aku mau cerita, aku dulu pernah depresi, dan sekarang aku ngerasa mood swing aku ektrim bgt, jadi kadang aku ngerasa seneng bgt beberapa jam nya aku ngerasa sedihh dan mls buat ngapa2in,, Aku ngerasa aneh aja sama diri sendiri dok. itu tanda2 dari Bipolar atau karna masih labil?Tolong di jawab ya dok,Terimakasih.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang fobia laut dikenal dengan istilah thalassophobia.

Takut Berlebihan Pada Laut? Bisa Jadi Anda Mengidap Thalassophobia

Thalassophobia adalah salah satu jenis fobia yang menimbulkan rasa takut ekstrem terhadap perairan yang dalam atau laut, termasuk makhluk hidup di dalamnya.