Apakah bioglass dapat menyelaraskan energi?

FB Info Penanya: FB, Wanita, 12 Tahun
Apakah benar bioglass MCI memiliki pengaruh yang positif dan menyelaraskan energi yang terdapat pada tubuh manusia, air, dan ruang (lingkungan), bukan sekadar efek sugesti semata?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FB.

Bioglass berasal dari kata bioactive dan glass, adalah sebuah material yang berasal dari silika yang mengandung beberapa jenis mineral seperti aluminium oksida, magnesium oksida, mangan oksida, dan beberapa mineral lainnya. Bioglass diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Sebuah studi menggunakan bioglass sebagai bahan penyambung (graft) yang menghubungkan antartulang. Dalam studi tersebut, sambungan tulang yang terjadi tampak lebih stabil dan menghasilkan sel-sel tulang baru. Studi lainnya mengamati bioglass sebagai implan gigi, dimana ditemukan hasil bahwa bioglass bisa menjadi bahan yang cocok untuk implan.

Akan tetapi, ada pula kemungkinan terjadinya reaksi hipersensitivitas dari sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena bioglass bukan bahan alami yang diproduksi oleh tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan menganggap bioglass sebagai benda asing yang dapat mengancam. 

Kesimpulannya, studi-studi yang ada mengungkapkan manfaat bioglass terhadap tulang dan gigi. Akan tetapi, sampai saat ini, belum ada studi yang dapat membuktikan bahwa bioglass bisa menyelaraskan energi tubuh, air, dan lingkungan secara ilmiah. 

Oleh karena itu, apabila Anda mengalami keluhan kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, dan memberikan saran yang terbukti ilmiah dan terbaik untuk Anda. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dokter gigi anak secara khusus menangani masalah-masalah gigi anak

Mengapa Pilih ke Dokter Gigi Anak? Ini Penjelasannya

Dokter gigi anak dapat menangani masalah kesehatan gigi dan mulut anak, namun juga memerhatikan kondisi psikologis anak. Apa saja bedanya dokter gigi anak dengan dokter gigi umum?