Bintitan 4 hari belum kempes

TA Info Penanya: TA, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanyaa......mata saya bintitan di bagian kelopak mata bawah tapi yang di bagian dalam.....Sudah 4hari gak kempes kempes sudah saya kasih obat cendo xitrol gk ada reaksi.....solusi pengobatanya gimana dok....? Apa ada obat yang ampuh...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam TA.

Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Bintitan atau yang dalam bahasa medis disebut hordeolum adalah kondisi timbulnya benjolan seperti jerawat atau bisul, di tepi kelopak mata bagian atas atau bawah, yang kadang menyakitkan.

Penyebab yang paling umum adalah infeksi kuman stafilkokus pada kelenjar sebasea (kelenjar minyak) pada kelopak mata yang kemudian menyumbat kelenjar minyak tersebut sehingga menyebabkan terjadinya peradangan dan munculnya bintil kecil. Seseorang dapat lebih berisiko terkena bintitan jika sering menyentuh mata dengan tangan yang kotor, menggunakan kosmetik atau alatnya pada area mata yang tidak terjaga kebersihannya, tidak membersihkan kosmetik di area mata, menggunakan lensa kontak yang tidak steril, mengalami peradangan pada kelopak mata.

Kebanyakan kasus bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 20 hari. Bintitan biasanya sembuh setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Namun, jangan pernah memencet atau memecahkan benjolan bintitan sendiri karena dapat beresiko penyebaran infeksi.  

Kemungkinan penyakit lain dengan gejala mirip Bintitan atau hordeolum adalah kalazion (bentuk kronis dari hordeolum, dimana bintil kecil di kelopak mata mengeras dan tidak ada tanda peradangan),  kista sebaseus, dakriosistitis (infeksi pada kantung air mata), atau konjungitivitis folikuler. Untuk memastikan penyebabnya, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung karena tanpa pemeriksaan oleh dokter tidak mungkin penyebab dari keluhan ini diketahui dengan pasti. Dokter perlu melakukan pemeriksaan pada mata sebelum menentukan penanganan yang tepat untuk kondisi tersebut. 

Untuk saat ini, Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala serta ketidaknyamanan karena bintil tersebut, antara lain:

  • Hindari mengucek ngucek mata.
  • Menjaga kebersihan mata, hindari pemakaian kosmetik untuk sementara.
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh area mata.
  • Kompres air hangat selama 5 sampai 10 menit. Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.
  • Hindari pememakaian lensa kontak.
  • Anda bisa mengonsumsi parasetamol untuk mengurangi nyeri bila nyeri dirasa mengganggu.

Apabila bintitan tidak kunjung sembuh dan rasa nyeri bertambah parah, Anda sebaiknya berobat ke dokter mata untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Langkah penanganan yang umumnya dilakukan adalah prosedur mengeluarkan nanah agar tekanan pada mata bisa berkurang. 

Semoga bermanfaat.

Salah Sehat,

dr. Sandy Aditya P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang kelopak mata disebabkan karena adanya infeksi seperti konjungtivitis, alergi, bintitan, kalazion, blefaritis, atau penyakit Graves

Penyebab Radang Kelopak Mata dan Cara Mengobatinya

Radang kelopak mata adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau benda asing yang masuk ke dalam mata. Rasa sakitnya dapat dikurangi dengan membasuh atau kompres air dingin.