Bintil seperti sariawan

NH Info Penanya: NH, Pria, 21 Tahun
Selamat Pagi Dokter, Pada pangkal lidah dekat tenggorokan terdapat bintil bintil seperti sariawan yang tidak sakit hanya terasa mengganjal sampai kerongkongan, apalagi saat menelan sangat terasa. Itu penyebabnya apa ya Dokter ? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu YSP,

 

Secara normal permukaan lidah manusia memang tidak rata tapi ada bintil-bintil atau disebut dengan nama papilla yang berfungsi dalam proses pencernaan dan fungsi rasa. Papilla yang berasa di pangkal lidah adalah papilla yang ukurannya lebih besar dikenal dengan nama Pappila sirkumvalata.

 

Pada beberapa kondisi papilla lidah membesar dan dapat meradang, yaitu :

  • Makan makanan yang terlalu panas
  • Merokok
  • Minum alkohol
  • Adanya infeksi jamur pada lidah
  • Trauma gigitan atau trauma lain
  • Adanya penyakit lain

 

Papilla yang letaknya dipangkal lidah bila ukurannya membesar akan menghalangi saat menelan dan berbicara atau lebih lanjut menghalangi pernapasan.

Jika tidak disertai dengan penyakit lainnya, asalkan penyebab membesarnya papilla dapat dihilangkan maka pembesaran papilla akan dapat sembuh dengan sendirinya.

Selalu perhatikan kebersihan mulut, gigi dan lidah saat sikat gigi jangan lupa membersihkan lidah juga.

 

Bila dirasakan masih mengganggu makan sebaiknya konsultasikan dengan Dokter Gigi terdekat.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengobati sariawan yang bebas dari rasa perih dan nyeri

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun akan lebih baik jika sariawan hilang lebih cepat dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami, misalnya garam, madu, yogurt, minyak kelapa, dan lain sebagainya.