bintik putih seperti jerawat dibawah tepatnya di bulu mata bawah, tidak terasa sakit tapi mengganggu

I Info Penanya: I, Wanita, 43 Tahun
Dokter, di bawah mata saya yg kanan (tepatnya di bulu mata bawah) ada satu bintik putih kayak jerawat batu tapi tidak hilang-hilang. Gak terasa sakit tapi agak mengganggu saja. Gimana cara menghilangkannya ? Apakah bisa ke dokter kulit ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I

Adanya benjolan di dekat kelopak mata sering disebut bintitan/bintilan, hal ini disebabkan sumbatan pada kelenjar minyak folikel seiz dan meibom pada kelopak mata. Jika sumbatan dan peradangan terjadi akibat bakteri maka disebut hordeolum, pada hordeolum biasanya benjolan terasa bengkak dan nyeri. Namun jika benjolan tidak nyeri maka disebut kalazion. Benjolan akibat kalazion harus ditangani secara serius karena dapat menjadi tanda tumor pada kelopak mata

Saya sarankan agar anda mengkompress dan menekan secara perlahan benjolan bintitan dengan handuk hangat agar benjolan terdrainase dan kempes, jika upaya ini tidak berhasil maka anda harus ke dokter spesialis Mata/ Sp.M agar benjolan tersebut bisa di ambil dengan tidakan operasi ringan. 

Salam sehat

dr.ZUlham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata bintitan dan kalazion memiliki perbedaan, dari segi tekstur maupun penyebabnya.

Mata Bintitan dan Kalazion, Apa Perbedaan Benjolan di Kelopak Mata Ini?

Mata bintitan terjadi akibat benjolan di kelopak mata yang berukuran kecil, dan menimbulkan rasa sakit. Sementara itu, kalazion atau chalazion adalah kondisi yang muncul karena penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata. Kalazion memiliki tekstur lunak dan tidak menyebabkan sakit.