Bintik putih kantung mata bagian dalam terkadang mengganjal, gatal dan nyeri pada mata

S Info Penanya: S, Wanita, 17 Tahun
Dokter, saya mau bertanya, pada kantung mata bagian dalam tepatnya di bawah bola mata saya terdapat bintik-bintik putih kecil. Hal ini terkadang menyebabkan rasa mengganjal, gatal, dan nyeri pusing pada mata. Apa penyebabnya ya, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA

Adanya bintik kecil pada kelompak mata bagian dalam disertai rasa gatal dan mengganjal dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti konjungtivitis vernal, hordeolum, kalazion.

Konjungtivitisi vernal adalah radang konjungtiva mata akibat reaksi alergi hipersensitivitas tipe 1, tanda khas pada radang yang terjadi adalah bintik tonjolan papil di mata yang membuat mata terasa terganjal dan gatal. Penyakit ini bersifat musiman. untuk tatalaksana biasanya jangan mengucek mata, hindari faktor pencetus alergi.

Selain itu terdapat hordeolum yang merupakan radang infeksi kelenjar kelopak mata akibat bakteri Stafilokokus, rasa nyeri bengkak dan gatal terjadi akibat radang, biasanya radang dapat hilang dengan kompress hangat dan pemberian antibiotik.

Bintik yang menganjal pada kelompak mata dalam dapat terjadi akibat kalazion yang terjadi akibat sumbatan kelenjar pada kelopak mata, biasanya terdapat rasa mengganjal dan tidak nyeri. Penyakit ini harus di lakukan eksisi untuk menentukan apakah terdapat jaringan ganas dan jinak. 

Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk memastikan penyebab mata gatal dan bintik kelopak mata. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AF
20 Jan 2020, 00:24
Saya juga mengalami hal yg sama. Setelah mencuci muka tiba tiba mata terasa mengganjal. Saya coba cari penyebabnya. Di bagian kelopak mata atas bagian dalam terdapat bintik bintik kecil berbanyak gitu. Rasanya tidak nyaman dan mengganjal saja, tidak sampai terasa nyeri atau perih.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terapi minus dapat menjadi pilihan untuk memperbaiki kemampuan penglihatan pada anak.

Terapi Mata Minus, Solusi Efektif untuk Mengatasi Mata Minus pada Anak

Terapi mata minus dapat dipilih sebagai cara untuk memperbaiki kemampuan penglihatan pada anak. Pada anak dengan rabun jauh, terapi mata minus yang efektif untuk anak adalah menggunakan kacamata. Mata minus pada anak harus segera ditangani karena dapat berisiko menimbulkan berbagai gangguan mata.