27 May 2020, 00:16Kulit & Kelamin

Apa penyebab binti dan bercak putih di tangan?

NE
Info Penanya: NE, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya.. kenapa di lengan tangan saya ada bintik2 dan bercak2 putih banyak dok.. saya takut itu panu atau apa ya.. mohon penjelasannya ya dok.. terima kasih
29293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang NE,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Adanya bercak putih pada kulit tentu sangat menggangu penampilan dan seringkali membuat tak percaya diri. Bercak putih pada kulit dapat bersifat sementara bahkan permanen.

Beberapa penyebab bercak putih pada kulit :

  • Vitiligo
    Bercak putih pada kulit yang dibawa sejak lahir atau turunan. Kondisi ini terjadi karena kulit kehilangan pigmen, sehingga menyebabkan bercak putih pada kulit. 
  • Tinea versicolor (panu)
    Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur. 
  • Ptyriasis alba
    Kelainan kulit yang terjadi karena hipopigmentasi.
  • Morfea
    kondisi kulit yang tergolong langka, kondisi ini umumnya menyebabkan bintik-bintik atau bercak putih pada kulit tanpa rasa sakit.
  • Lepra atau kusta
    Disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini perlu segera mendapat pengobatan karena ia menyebabkan kecacatan akibat komplikasi kerusakan saraf.
Jangan lupa untuk menggunakan pelembab setiap hari. Kendati terlihat sepele, pelembab memiliki banyak manfaat untuk kulit Anda, mulai dari meredakan kekeringan dan kulit pecah-pecah. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter kulit, jika bercak putih tidak kunjung hilang. Untuk memastikan penyebab pasti dari penyakit kulit yang Anda alami.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kustavitiligopanu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil