Bintik putih di punggung tangan dan gatal

N Info Penanya: N, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam, saya mau tanya dok. Di punggung tangan saya terdapat ruam/bintik2 putih banyak sekali gatal dan menyebar hampir sampai ke pergelangan tangan, jika terpapar sinar matahari langsung rasa gatal nya menjadi dua kali lipat dan berubah warna menjadi merah dan bintik2 ny jg menjadi sedikit lebih besar. Itu kenapa ya dok? Saya udah kedokter umum katanya itu karena air, saya udah coba pake salep nisagon hampir satu bulan tapi tidak ada hasilnya tetap gatal dan menyebar. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Bintik putih atau ruam di punggung tangan adalah kondisi kesehatan kulit yang terganggu dimana penyebabnya dapat beragam mulai dari peradangan kulit, eksim, infeksi kulit karena jamur, infeksi virus seperti molluscum contagiosum, infeksi parasit seperti kudis dan lainnya. 

Tidak jarang keluhan ruam pada kulit memiliki gejala dan bentuk ruam yang hampir sama, untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan kembali pada dokter spesialis kulit jika keluhan tidak juga membaik agar dipastikan penyebabnya. Nantinya oleh dokter kulit akan diberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. 

Jaga kondisi kulit agar tidak bertambah gatal dengan menghindari pemicu gatal seperti misalnya jika terkena matahari, keringat, ataupun bahan tertentu seperti krim atau lainnya. Jika tidak bertambah baik dengan salep tersebut ada baiknya dihentikan terlebih dahulu penggunaanya karena jika pemicunya adalah infeksi lain maka bisa memperberat kondisi. Gunakan pelindung seperti sarung tangan atau tabir surya jika berada di paparan matahati. Dan hindari menggaruk bintil agar tidak terjadi iritasi dan infeksi lain. Gunakan lotion calamine untuk mengurangi rasa gatal yang timbul. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.