Bintik pada penis

A0 Info Penanya: A0, Pria, 24 Tahun
Dok saya mau tnya klu ada bintik seperti jerawat di penis tu berbahaya atau gk ? Trus langakah yg di pilih untuk mengobatinya bgmna dok ?Thansk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi A!

Bintik pada penis dapat disebabkan oleh 

  1. Infeksi
  2. Bukan infeksi

Karena saya tidak melihat secara langsung bentuk bintiknya seperti apa, maka saya sarankan untuk langsung berobat dengan dokter agar dapat diperiksa penyebabnya.

Jika merupakan suatu infeksi biasanya selain bintik juga disertai dengan keluarnya sekret atau nanah melalui lubang penis, disertai tanda tanda infeksi genital lainnya seperti demam, nyeri pada penis, gatal, dll.

Jika bukan merupaka suatu infeksi, paling banyak pada pria normal disebut dengan fordyce spot, merupakan keadaan dimana penis terdapat bintik bintik, yang diakibatkan oleh pelebaran kelenjar minyak. Pelebaran ini tidak hanya terjadi dipenis, dapat terjadi didaerah yang memiliki kelenjar minyak. Bila memang fordyce spot, hal ini tidak akan berbahaya bahkan dapat membantu menambah sensasi ketika berhubungan seksual. Namun jika Anda merasa terganggu Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Organ reproduksi pria yang utama adalah penis, testis, dan skrotum

Mengenal Organ Reproduksi Pria serta Penyakit yang Kerap Menghinggapi

Organ utama yakni penis, testis, dan skrotum. Penyakit yang dapat menyerang yaitu balanitis, trauma testis, pembengkakan skrotum. Untuk mencegahnya, menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi.