01 Feb 2021, 18:18Kulit & Kelamin

Apa penyebab bintik merah yang tidak gatal?

DR
Info Penanya: DR, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam dok. Saya perempuan umur 20th. Saya punya keluhan dok.. Badan saya kenapa ya dok banyak bintik bintiknya? Bintik" nya itu udah muncul 3 tahun yg lalu waktu saya masih SMA, saya bawa kedokter takut cacar tapi kata dokter gpp dok cuman dikasih obat, obat nya pun gak ngefek sama sekali. Sampai sekarang bintik" merahnya itu sering muncul tiba" dan hilang tiba" dok.. gak gatal dan gak sakit juga, tapi tangan dan kaki saya jadi aneh dok banyak bintik" nya.. kenapa ya dok?:( terimakasih
163 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DRTerima kasih atas pertanyaannya.Bintik-bintik merah pada kulit biasanya gatal dan nyrei namun ada beberapa kondisi bintik merah tanpa gatal.

Penyebab bintik marah tanpa gatal :

  • Paparan sinar matahari terlalu sering dapat menyebabkan muncul bintik merah pada beberapa orang terutama pada orang dengan kulit yang sensitif.
  • Furunkel atau infeksi pada folikel rambut yang berwarna merah.Karena pada folikel rambut maka dapat timbul dimana saja yang memiliki folikel rambut.
  • Keratosis pilaris dapat membuat bintik-bintik pada kulit yang kadang teraba seperti kasar dan tidak gatal ataupun sakit.
  • Cherry angioma yaitu kondisi dimana timbul bintik merah terutama pada daerah lengan, tangan, bahu serta kaki.
  • Jerawat dapat muncul ketika folikel rambut tersumbat kotoran, debu, ataupun kandungan produk perawatan.
Terkait yang anda tanyakan, sebaiknya kondisi kulit anda diperiksakan ke dokter spesialis kulit guna memastikan penyebabnya dan jika menganggu dapat diberikan pilih untuk mengatasi sesuai penyebab. Sementara ini, jaga kebersihan kulit, gunakan sabun yang tidak mengandung alkohol, pewangi, mineral oil serta gunakan sunblock untuk mencegah paparan sinar matahari secara langsung.  Perhatikan saat kapan atau saat kondisi anda seperti apa bintik muncul sehingga kedepannya dapat dicegah. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
perawatan kulitpenyakit kulitmasalah kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil