Bintik merah terasa gatal dan perih, gejala apa?

C Info Penanya: C, Pria, 20 Tahun
Hi dok, Selamat pagi.. 1 bulan belakangan ini, diatas bibir sering muncil bintik2 kecil , dan merah di atas bibir.. kadang bisa terasa perih dan gatal .. beberapa hari kemudiam ia sembuh dan stlh itu bisa muncul lagi dan d atas bibir ttp merah2 .. sblumnya saya tidak pernah begini dan tidak ada alergi .. boleh di bantu dok salep atau obat apa yg bsa totally menyembuhkan ? terimakasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, C.

Keluhan bintik merah pada bibir dan gatal belum tentu mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Beberapa hal yang menyebabkan terdapat bintik merah dan gatal pada bibir, yaitu:

  1. Karena iritasi atau luka benturan.
  2. Reaksi alergi. Biasanya dikaitkan dengan makanan atau penggunaan kosmetik di area sekitar bibir pemicu alergi. Gejala dapat menjadi sangat gatal dan panas.
  3. Dermatitis perioral. yaitu peradangan kulit di sekitar mulut. Biasanya dapat dikaitkan dengan penggunaan kosmetik, faktor hormonal, kehamilan, infeksi, dan lain-lain.
  4. Herpes Simpleks. Biasanya gejala yang muncul berupa lentingan-lentingan berisi cairan dan rasanya seperti terbakar. Penyakit ini dapat menular.
  5. Herpes Zooster. Gejalanya berupa muncul lentingan berisi cairan yang bergerombol dan terasa panas. Penyakit ini biasanya menyerang pada orang yang sudah pernah terkena cacar air.
  6. Infeksi jamur. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya ruam merah kegelapan, sisik halus dan lentingan yang sangat gatal apabila berkeringat. Ruam karena infeksi jamur dapat meluas.
  7. Impetigo. Merupakan infeksi kulit yang menyebabkan munculnya lentingan-lentingan berisi cairan.

Untuk melakukan pengobatan yang tepat, maka harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya dan sifat dari ruam yang terjadi. Maka dari itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu oleh Dokter Spesialis Kulit. Sebaiknya selama mengalami gejala tersebut, disarankan Anda untuk:

  • Menjaga kebersihan kulit sekitar bibir dan selalu mencuci tangan.
  • Tidak menggaruk atau menyentuh area bibir.
  • Memakai sabun yang lembut dan tidak membuat kulit menjadi lebih kering.
  • Hindari memakai kosmetik di sekitar area tersebut terlebih dahulu untuk menghindari iritasi yang lebih parah.
  • Hindari konsumsi makanan atau minuman yang diduga memicu alergi pada Anda.
  • Jika keluar rumah memakai masker untuk menghindari paparan debu atau kotoran lain.
  • Tidak memakai obat sembarangan sebelum periksa ke Dokter karena akan berakibat terjadinya infeksi jika salah penanganan.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.