11 May 2021, 12:48Kulit & Kelamin

Bintik merah di wajah disebabkan apa?

KN
Info Penanya: KN0
Dok saya mau tanya, saya baru perawatan 3 bulan terakhir ini, awalnya muka saya bruntusan, lalu saya konsultasikan ke dokter dan diganti produk untuk kulit sensitif, kulit saya tipe kulit yang normal cenderung kering dan bertekstur dok, tiba tiba muncul bintik bintik merah di dagu dan atas bibir dok, bintiknya kecil dan tidak bertekstur. Kira apa yang terjadi ya dok? saya takut salah pilih produk dan sudah 3 hari ini saya tidak memakai produk tersebut.
143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Kulit wajah umumnya memang lebih sensitif dibandingkan kulit pada sekujur tubuh. Adanya bintik-bintik kemerahan dan juga kecenderungan kulit kering yang Anda alami dapat terjadi karena iritasi kulit karena penggunaan produk tertentu, maupun karena adanya reaksi alergi karena hal lain.

Penyebab bintik merah diwajah

Bintik kemerahan pada wajah juga dapat terjadi karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh seperti menstruasi, kehamilan, penggunaan KB, maupun karena stres.Untuk mengatasi keluhan ini, jika disebabkan oleh perubahan hormon maka artinya Anda hanya perlu membantu mengembalikan siklus hormon dalam tubuh dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi.Selain itu, jaga kebersihan area wajah dengan meningkatkan frekuensi cuci muka. Bila perlu, hindari penggunaan make up untuk 3-5hari kedepan dan hindari penggunaan produk yang menyebabkan iritasi maupun alergi. Jika timbul rasa perih atau gatal, Anda juga dapat melakukan kompres dingin ke daerah tersebut. Namun jika keluhan tidak juga membaik dalam 5 hari atau justru semakin memburuk, lakukan pemeriksaan ulang ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
perawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil