Apakah penyebab bintik merah di tubuh yang tidak gatal?

NZ Info Penanya: NZ
Hai dok.Knp ya kulit saya sering muncul bintik kecil brwarna merah&agak timbul, hanya ditangan&kaki bagian bawah lutut sampai jari kaki saja. Ini sudah hampir lbh kurang 4 bulan sejak awal bintik tersebut muncul. Tdk ada rasa gatal, perih&gejala lainnya yg ikut muncul. Kalau ditekan warnanya jd hilang. Bintiknya hilang sampai 4/7 hari. Tp muncul bintik lain bisa di hari ke2 atau ke3, sbelum bintik awal hilang. Ohya ktika hilang, sbagian bintik mmbekas warna agak kecoklatan. Terimakasih dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NZ

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Petekie merupakan bintik-bintik merah dengan diameter kecil akibat dari adanya perdarahan di bawah kulit. Hal ini bisa terjadi karena adanya trauma ringan, atau bisa jadi juga karena adanya gangguan pembekuan darah. 

Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjaidnya petekie adalah:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat, dan bila dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan masalah dokter spesialis penyakit dalam mungkin akan merujuk ke dokter spesialis kulit.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, perbnayak konsumsi sayur dan buah-buahan, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar, cukupi kebutuhan cairan harian, hidari stress dan kelelahan serta istirahat cukup

Smeoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah tercatat dalam sejarah

Penyakit Kusta dalam Sejarah, Pernah Dianggap Kutukan Di Semua Benua

Penyakit kusta adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kulit dan kerusakan saraf parah di bagian lengan, kaki dan kulit di seluruh badan. Penyakit kusta pernah menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Mesir, Yunani, Eropa.