Bintik merah di belakang mulut

AT Info Penanya: AT, Wanita, 2019 Tahun
"Dokter saya ingin bertanya, di bagian belakang mulut saya muncul bintik bintik merah kecil dok gabayak tapi dok. Terus saya kayak ada dahak nimbun gitu di hidung. Kira kira itu kenapa ya dok? "
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Keluhan bintik-bintik merah pada langit mulut dapat disebabkan oleh beragam penyebab seperti:

  • Iritasi pada rongga mulut akibat makanan atau paparan udara dan zat tertentu
  • Gangguan hormonal
  • Stres
  • Infeksi rongga mulut baik akibat jamur atau virus
  • Penyumbatan kelenjar air liur di dinding mulut
  • Sariawan

Perlu dilakukan penanganan dengan menhindari pencetus timbulnya gejala dan menjaga kebersihan mulut. Tetapi jika timbul demam, bintik merah juga timbul di kaki dan tangan, kesulitan menelan, dan gejala lain maka perlu untuk segera memeriksakan diri agar diberi penangana lebih lanjut.

Dahak yang banyak pada hidung dapat disebabkan oleh penumpukan ingus dimana pencetusnya dapat beragam salah satunya adalah flu, infeksi saluran pernapasan, alergi, sinusitis dan lainnya. Upayakan untuk menghindari pencetus, menggunakan masker, membilas hidung dengan air garam dan melakukan pengobatan jika keluhan mengganggu seperti timbul hidung tersumbat, nyeri wajah, ataupun pilek dan bersin yang sering. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan menggunakan masker, saat berakvititas di tengah kepungan kabut asap.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Melindungi Kesehatan Saat Hadapi Kabut Asap?

Selain membahayakan keselamatan berkendara karena memperpendek jarak pandang, kabut asap pun berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang penting Anda lakukan ketika menghadapi kabut asap, untuk melindungi kesehatan diri sendiri dan keluarga.