bintik merah dan melenting terasa sangat gatal

FA Info Penanya: FA, Wanita, 2019 Tahun
halo dokter saya ingin bertanya akhir-akhir ini saya merasa kulit saya bermunculan bintik-bintik merah dan melentingdan rasanya sangat gatal sekali bintik-bintik merah itu awalnya bermunculan sangat sedikit di area tangan kanan lalu tiba-tiba menyebar keseluruhan tetapi masih belum banyak kira-kira saya ya alami gejala penyakit kulit apa ya dok? Mohon untuk respon ya terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FA

Bintik merah disertai lentingan yang gatal dapat disebabkan beberapa kondisi seperti akibat infeksi virus varisela zorster/cacar air, jika sudah pernah terkena cacar maka kondisi tersebut dapat disebut herpes zoster.

Penyebab lain lentingan merah gatal adalah impetigo bulosa dan bulous pemfigoid. Impetigo bulosa terjadi akibat infeksi bakteri, biasanya terdapat lentingan terasa gatal dan cairan nanah didalamnya. 

Untuk bulous pemfigoid biasanya dicetuskan reaksi autoimun pada kulit yang membuat lentingan pada kulit, sering mengenai kelompok usia tua.  

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan kulit, hindari memecah lentingan. Jika gatal dapat mengkonsumsi antihistamin. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit SP.KK untuk mendapatkan tatalaksana yang lebih tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain salep antibiotik, ada antibiotik oral yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi kulit impetigo.

Salep Antibiotik untuk Obati Impetigo pada Kulit, Apakah Manjur?

Bayi dan anak-anak berisiko mengalami impetigo. Yang dimaksud impetigo adalah infeksi kulit menular, yang awalnya muncul berupa bisul dan luka kemerahan pada kulit wajah. Untuk mengobatinya, salep antibiotik bisa menjadi pilihan.