Bintik merah dan bernanah pada bayi karena penyakit apa?

AK Info Penanya: AK
Dok anak saya usia 6 bulan,dok mau nanya soal bintik merah dan bernanah pada perut dada punggung gatal itu penyakit apa dok??Pengobtanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AK,

Adanya ruam kulit disertai nanah pada kulit bayi adalah salah satu keluhan yang bisa timbul karena reaksi alergi, infeksi kulit seperti infeksi bakteri seperti impetigo, jamur ataupun akibat parasit seperti skabies atau kudis, penyebab lain juga bisa timbul karena infeksi virus seperti misalnya cacar ataupun infeksi virus lain.

Perhatikan kondisi apa yang memicu timbulnya ruam kulit tersebut, tidak jarang bisa karena faktor lingkungan seperti kebersihan tempat tinggal mulai dari kasur, karpet, ataupun air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti untuk mandi. Adanya pencetus alergi lain seperti udara dingin, keringat akibat udara panas, adanya debu, ataupun alergi makanan saat mencoba MPASI juga bisa menjadi penyebabnya.

Hindari memecahkan bintik merah yang timbul agar tidak menjad iiritasi dan infeksi yang semakin berat, segera periksakan pada dokter ataupun dokter anak karena jika bernanah bisa menandakan adanya infeksi pada kulit yang perlu dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan pengobatan salah satunya dengan obat minum dan juga obat oles, jika diperlukan juga akan diberikan antibiotik jika penyebabnya adalah infeksi bakteri. 

Hindari sembarangan menggunakan salep agar tidak terjadi iritasi ataupun reaksi alergi yang bisa membuat keluhan semakin berat, upayakan bayi tetap dalam lingkungan yang sejuk, ganti pakaian secara teratur terutama jika berkeringat dan tetap mandikan dan keringkan hingga bersih untuk mencegah keluhan yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi natural tubuh sebagai proses penyembuhan terhadap bekas luka vaksin BCG, bisa menimbulkan bisul.

Mengapa Vaksin BCG Menimbulkan Bekas Luka atau Bisul?

Seperti halnya imunisasi cacar air, vaksin BCG bisa menimbulkan bekas luka maupun bisul pada kulit. Tenang saja, ini merupakan reaksi alami tubuh terhadap vaksin, dan bukanlah kondisi berbahaya.