22 Apr 2021, 00:28Kulit & Kelamin

Bintik hitam di wajah bagaimana membersihkannya?

HR
Info Penanya: HR0
Selamat malam dok saya mau bertanya bagaimana cara menghilangkan bintik hitam semacam di pencet terus keluar kaya beras kecil itu dok itu saya mau bertanya bagaimana cara menghilangkan nya supaya bersih dok??
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang HRBintik hitam di wajah yang berisi gumpalan seperti beras merupakan salah satu jenis jerawat komedo yang disebut blackhead. Komedo blackhead bukanlah hal yang serius, namun bisa membuat tidak pede karena mengganggu penampilan.

Proses Terjadinya Komedo

Terjadinya komedo dikarenakan tersumbatnya saluran folikel rambut oleh sel-sel kulit mati dan minyak yang menumpuk pada kulit. Komedo ini bila tidak ditangani dengan baik bisa mengalami infeksi dan menimbulkan peradangan.

Menghilangkan Komedo

Untuk menghilangkan komedo bisa dilakukan beberapa cara baik secara alami ataupun melalui prosedur khusus yang dilakukan oleh dokter kulit. Beberapa cara menghilangkannya adalah:
  • Cuci muka rutin 2x sehari, terutama kebersihan muka malam hari
  • Gunakan sabun dan pelembap bebas minyak dan mengandung zat nonkomedogenik yang dapat mengangkat kulit mati seperti AHA, BHA, dan sebagainya
  • Gunakan sunscreen spf 30
  • Tidak memencet komedo karena dapat menimbulkan infeksi dan luka yang bisa membekas
  • Rutinkan eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati) wajah tiap 3 hari sekali dengan scrub alami atau spons
Selain itu anda bisa melakukan chemical peeling, mikrodermabrasi, laser, extractor komedo atau menggunakan krim yang diresepkan oleh dokter kulit. Selama perawatan hindarilah udara panas dan sinar matahari terik. Konsumsi pula makanan bergizi, buah, sayur dan air putih yang cukup.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kulit berminyakperawatan kulitjerawatmasalah kulitkomedo
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil