Bintik di sela jari tangan yang berisi cairan putih, terasa gatal dan panas. Kenapa ya dok?

SP Info Penanya: SP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya, di sela jari tangan sya ada semacam bintik2 yg berisi cairan warna putih kadang gatal kadang terasa panas, dan itu ada nya di sela2 jari tangan aja.. Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan yang paling sering di daerah lipatan adalah tersumbatnya kelenjar keringat sehingga menjadi radang, terisi cairan dan terasa gatal dan panas. Dalam bahasa medis disebut miliaria atau yang dikenal dengan biang keringat. Disebut juga sebagai ruam panas akibat panas matahari atau gesekan kulit dengan kulit atau pakaian. Keringat yang terjebak dan tidak dapat menguap biasanya bisa berkurang dengan cara mendinginkan kulit dan mencegah timbul keringat di daerah tersebut.

Lokasi paling sering pada leher, dada, pundak, ketiak, lipatan siku serta selangkangan. Ada empat jenis biang keringat, yaitu miliaria kristalina, miliaria rubra, miliaria pustulosa, dan miliaria profunda. 

  • Miliaria kristalina
    Bentuk ruam panas ini merupakan yang paling ringan ditandai dengan bintil-bintil kecil berisi cairan jernih yang mudah pecah, tanpa rasa gatal maupun nyeri. 
  • Miliaria Rubra
    Jenis biang keringat yang paling sering terjadi. Muncul dalam bentuk bintik merah yang disertai dengan gatal yang intens dengan sensasi perih dan menyengat juga disertai peradangan.
  • Miliaria Pustulosa
    Perkembangan dari miliaria rubra ketika bintil-bintil tersebut mengalami peradangan dan berisi nanah.
  • Miliaria Profunda
    Bentuk yang paling jarang namun yang paling berat karena terjadinya di lapisan kulit yang dalam. Kondisi ini biasanya timbul ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang mengeluarkan banyak keringat. Akibatnya, muncul bintik merah dengan ukuran lebih besar dan keras.

Beberapa kondisi yang menyebabkan biang keringat, yaitu

  • Kelenjar keringat yang belum berkembang dengan baik.
  • Iklim tropis yang panas dan lembap merupakan salah satu pemicu biang keringat.
  • Kegiatan fisik seperti olahraga atau aktivitas berat lainnya yang mengeluarkan keringat yang banyak
  • Kepanasan misalnya akibat pakaian tebal atau penggunaan selimut berlebihan.

Berikut artikel mengenai cara mencegah keluarnya keringat yang berlebihan. Bila keluhan masih berlanjut Anda bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk tatalaksana selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersihkan wajah secara teratur dapat membantu mengatasi pori-pori besar pada wajah

6 Cara Mengatasi Pori-pori Besar yang Mengganggu di Wajah

Pori-pori besar adalah kondisi pori-pori kulit wajah yang tidak bisa dikecilkan, tetapi bisa disamarkan. Banyak cara untuk mengecilkan pori-pori, salah satunya dengan membersihkan wajah secara teratur agar tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori.