02 Dec 2020, 17:32Kulit & Kelamin

Penyebab bintik-bintik di kulit dan penatalaksanaanya

AD
Info Penanya: AD0
Maaf dok mau bertanya, punggung tangan saya tiba2 muncul bintik2, tapi lebih dominan di tangan kanan di kiri ada cuma sedikit dan bintik nya tuh hampir 1 bulan ga hilang2, itu penyebabnya apa yah dok? Dan setau saya, saya ga punya alergi apa-apa. Terima Kasih.
932 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo AD,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Bintik-bintik pada tangan dapat terjadi kepada siapa saja, baik yang mempunyai alergi atau tidak. Keluhan ini dapat disertai rasa gatal, kulit bersisik, kering, dan dapat menimbulkan luka jika digaruk. 

Penyebab bintik-bintik di kulit dan penatalaksanaanya

Penyebab bintik-bintik di kulit dan penatalaksanaannya antara lain :
  • Dermatitis kontak iritan
Demarmatitis kontak iritan (DKI) dapat terjadi ketika kulit kontak dengan suatu bahan iritan, misalnya sabun pembersih baju, piring, lantai, dsb. Karena kita beraktifitas menggunakan tangan, terutama tangan kanan yang lebih dominan, maka bintik-bintik tersebut dapat lebih banyak di tangan kanan dibanding tangan kiri. Ini dapat diatasi dengan menghindari bahan iritan dan menggunakan sarung tangan saat kontak dengan bahan tersebut.Dermatitis kontak alergi (DKA) jika seseorang mempunyai riwayat alergi dan saat kontak dengan bahan tersebut, maka kulit akan timbul bintik-bintik, merah, gatal dan dapat disertai gejala alergi yang lebih berat seperti sesak nafas. Salah satu contoh DKA adalah penggunaan sarung tangan yang berbahan latex, pada sebagaian orang mengalami alergi. Penatalaksanaannya yaitu dengan menghindari pencetus alergi dan obat alergi sesuai dosis yang dapat diresepkan oleh dokter.
  • Demam berdarah dengue
Salah satu gejala demam berdarah adalah timbul perdarahan pada kulit, ini dapat berupa bintik-bintik merah di tangan maupun seluruh tubuh. Bintik-bintik merah ini tidak hilang dengan penekanan. Anda dapat mewaspadai jika demam tinggi mendadak disertai perdarahan baik bintik merah di kulit, mimisan, atau perdarahan gusi.

Yang dapat Anda lakukan 

Yang dapat Anda lakukan di rumah antara lain :
  • Jaga kebersihan badan, lingkungan rumah, dan kasur
  • Bilas pakaian yang bersih agar tidak ada sisa detergen yang menempel
  • Gunakan sarung tangan saat mencuci baju, piring, atau mengepel
  • Jangan merendam / mandi dengan air hangat terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit kering
  • Gunakan pelembab kulit
  • Jika bintik-bintik disertai gatal, dapat minum obat pengurang rasa gatal seperti CTM sesuai dosis sesudah makan. Obat ini mempunyai efek mengantuk.
Jika bintik-bintik merah disertai demam tinggi, mimisan, atau gusi berdarah, dan diikuti rasa gatal, perih, pada kulit, Anda dapat ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
alergidemam berdarah denguedermatitis kontak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil