13 Dec 2020, 16:42Kepala

Penyebab bintik-binti merah di bibir dan cara mengatasinya

NG
Info Penanya: NG0
saya mau nanya,bintik bintik merah di bibir tu kenapa ya doc?tapi dia nggak gatal dan sakit.
15643 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, NG.Saya akan mencoba menjawab pertayaan Anda.Bibir merupakan suatu daya tarik seorang wanita. Bibir yang sehat, kulit wajah yang mulus, tutur kata yang lembut menambah pancaran kecantikan seorang wanita. Namun terkadang adanya noda, baik itu jerawat, kulit bibir yang tidak sehat, timbul bintik-bintik di muka maupun bibir, membuat tingkat kepercayaan diri seorang wanita menjadi menurun.

Penyebab bintik-binti merah di bibir dan cara mengatasinya 

Penyebab bintik-binti merah di bibir dan cara mengatasinya antara lain :
  • Gejala suatu alergi saat seseorang mengkonsumsi makanan yang membuat alergi, ataupun udara, dan debu atau bahkan penggunaan obat-obatan yang menyebabkan timbul bintik-bintik merah, gatal, bengkak pada bibir dan mata serta dapat diikuti oleh kesulitan bernafas. Jika Anda mengalami gejala seperti alergi, maka segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.
  • Iritasi akibat penggunaan lipstik atau lipgloss yang tidak cocok menyebabkan munculnya bintik-bintik merah pada bibir. Hentikan penggunaan produk untuk bibir sementara waktu.
  • Paparan sinar matahari yang secara terus menerus ke area muka dan bibir dapat menyebabkan area muka dan bibir menjadi berbintik-bintik baik berwarna merah atau coklat. Selalu gunakan pelindung wajah seperti topi, payung, kacamata, dan gunakan pelembab muka dan bibir, serta sunblock saat keluar rumah.
  • Gejala demam berdarah yang perlu diwaspai yaitu demam secara tiba-tiba, nyeri kepala hebat, terutama nyeri di sekitar bola mata, timbul perdarahan di tubuh berupa bintik-bintik merah di seluruh tubuh, atau wajah dan bibir, perdarahan gusi, perdarahan hidung. Segera cek darah jika Anda mengalami tanda-tanda DBD.
Selain itu Anda dapat menjaga kesehatan bibir dan kulit dengan mengkonsumsi makanan tinggi akan serat, buah serta sayur, minum air putih yang cukup, hindari makanan junkfood dan makanan minuman kemasan, selalu gunakan pelembab untuk muka dan bibir yang cocok sesuai jenis kulit, tidak bergantian dengan orang lain dalam menggunakan alat make up, buang alat make up yang sudah terlalu lama.Jika bintik-bintik merah di bibir bertambah banyak, bertambah besar, menjadi gatal, memerah, membuat bibir bengkak dan kesulitan bernafas, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kulit sehatalergibibir kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil