Bintik merah kecokelatan di telapak tangan, apa penyebabnya?

WD Info Penanya: WD, Wanita, 1 Tahun
Hai dokter. Saya ingin konsultasi, pada telapak tangan saya muncul bintik merah kecokelatan sampai ke atas telapak tangan dok, kadang di area telapak mengelupas sendiri kulitnya. Sudah muncul lebih dari sebulan. Mohon solusinya dok terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WD.

Bintik merah kecokelatan pada telapak tangan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, baik karena kondisi kulit maupun kondisi bagian tubuh lainnya. Terkadang, keluhan juga bisa disertai dengan rasa gatal, kebas, ataupun panas.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan keluhan tersebut adalah:

  • Infeksi jamur
  • Kondisi alergi (dermatitis atopi)
  • Paparan zat kimia atau sinar ultraviolet berkepanjangan
  • Kelainan pigmen pada kulit (hiperpigmentasi)
  • Kekurangan zat gizi tertentu
  • Melanoma

Karena keluhan sudah berlangsung satu bulan dan tak kunjung membaik, serta semakin parah ke atas telapak tangan, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Akan lebih baik untuk memastikan, sehingga apabila ternyata penyebabnya adalah sesuatu yang cukup serius, akan dapat dilakukan langkah pencegahan sebelum terjadi komplikasi.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik kulit Anda, atau pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Ketika pemeriksaan sudah selesai, dokter akan mengevaluasi hasilnya dan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai. Penanganan bisa berupa obat oles, obat minum, maupun tindakan tertentu.

Hindari juga paparan zat yang memicu iritasi untuk sementara waktu, misalnya bahan pemutih yang biasanya digunakan untuk mencuci baju. Apabila ada rasa gatal, hindari menggaruk agar tidak infeksi, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua, seperti sering menggosok mata dan tidak menggunakan tabir surya yang tepat

Tanpa Aplikasi, Kebiasaan Ini Bisa Buat Wajah Menjadi Cepat Tua

Saat ini jagat dunia maya dihebohan dengan sebuah aplikasi, yang dapat membuat foto Anda menjadi tampak lebih berkeriput. Tanpa aplikasi tersebut pun, sebenarnya kulit wajah Anda akan terlihat cepat tua, akibat beberapa kebiasaan kecil dan kondisi berikut ini.