Bintik-bintik pada lidah yang dekat dengan tenggorokan, disebabkan oleh penyakit apa ?

A Info Penanya: A
Dok, beberapa hari lalu saya terasa ga nyaman terus dalam tenggorokan kalau telan liur atau minum. Pagi ni ternyata timbul bintik2 dlm lidah dekat belokan dlm tenggorokan tuh. Kira2 karna apa ya dok? N bahaya tak? Penyakit apa ni dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Bintik-bintik pada lidah yang dekat dengan tenggorokan secara alami memang ada. Keadaan tersebut dikenal pula dengan istilah medis pappila. Papilla yang terletak di pangkal lidah dekat dengan tenggorokan adalah papilla yang ukurannay relatif lebih besar yakni papilla sirkumvalata. Fungsi dari papilla tersebut adalah sebagai pengecap dan berperan dalam proses pencernaan. Seperti organ tubuh lainnya, papilla dapat mengalami gangguan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Adapun berbagai faktor yang dapat menimbulkan gangguan pada papilla tersebut, antara lainnya ialah :

  • infeksi virus, bakteri maupun jamur
  • radang tenggorokan
  • konsumsi makanan yang terlalu panas
  • konsumsi alkohol
  • trauma pada lidah
  • dan gangguan lainnya seperti Black hairy tongue (BHT)

Mengenai keluhan bintik-bintik yang Anda alami mungkin terjadi karena salah satu faktor diatas yang perlu dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu. Pada umumnya hal ini bukanlah keadaan yang serius dan dapat sembuh dengan perawatan mandiri. Sementara Anda dapat mencoba cara yang alami terlebih dahulu seperti berkumur dengan larutan air garam hangat dan mengonsumsi air rebusan jahe yang diberi perasan lemon serta sedikit madu murni. Namun jika keluhan tidak kunjung membaik dalam waktu satu minggu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat atau secara langsung pada dokter THT.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkumur air garam dapat dijadikan sebagai cara mengatasi batuk kering yang mengganggu

7 Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Bahan Alami

Cara mengatasi batuk kering tidak harus selalu menggunakan obat di apotek, terdapat beberapa alternatif dengan bahan alami yang dapat digunakan. Salah satunya berkumur menggunakan air garam juga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi batuk kering.