Bintik bintik merah di sekitar luka, apa penyebabnya?

WY Info Penanya: WY, Pria, 16 Tahun
Dok say mau nanya saya habis jatuh trus luka dilutut lukanya dagingnya hilang trus di kasih obat malam di perban dan pagi di buka dan seterusnya tp stelah beberapa hari timbul bintik bintik kecil yang klo tersentuh sangat perih itu karna apa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WY.

Bintik-bintik merah yang timbul di sekitar luka bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, baik yang berhubungan dengan luka (infeksi, peradangan saat proses penyembuhan), yang berhubungan dengan pengobatan (alergi bahan perban, alergi salep, kurang baiknya perawatan luka), maupun yang tidak berhubungan dengan kondisi Anda dan kebetulan terjadi bersamaan (alergi, infeksi virus, folikulitis).

Apabila Anda mengalami kondisi tersebut, untuk sementara, Anda dapat tetap merawat luka sesuai dengan cara yang telah diajarkan sebelumnya. Gunakan obat oles secara rutin, dan pastikan mencuci tangan sebelum mengoleskannya. Sebaiknya, selain untuk mengoleskan obat, jangan menyentuh atau menggaruk luka. Lalu, konsumsi juga obat minum sesuai dosis dan jadwal yang telah ditentukan.

Selalu jaga kebersihan luka, hindari terpapar debu, udara, atau polusi baik pada saat tertutup perban maupun terbuka. Hindari pakaian celana ketat terlebih dahulu karena bisa memicu gesekan berlebih yang menyebabkan luka semakin parah. Hindari juga posisi bersimpuh, maupun duduk dengan menaikkan satu kaki ke kaki lainnya.

Tetapi, segera kembali dan periksakan kepada dokter apabila muncul tanda-tanda seperti:

  • Bintik-bintik yang semakin menyebar
  • Gatal yang tidak tertahankan
  • Nyeri hebat walaupun tidak disentuh

Apabila terjadi satu atau lebih kondisi tersebut, dikhawatirkan ada komplikasi lain, baik yang terjadi karena luka ataupun tidak. Ketika Anda memeriksakan diri, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, kemudian memberikan penanganan yang tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alergi pada bayi disebabkan oleh kulit yang sensitif dan sistem kekebalan tubuh yang masih lemah

Ibu dan Ayah, Waspadai Berbagai Jenis Alergi pada Bayi Ini

Bukan hanya terjadi pada orang dewasa, bayi juga bisa mengalami alergi. Alergi pada bayi disebabkan oleh kulit yang sensitif dan sistem kekebalan tubuh yang masih lemah. Terdapat berbagai jenis alergi pada bayi yang harus diwaspadai.